PELATIHAN PEMASARAN PAKET WISATA TERINTEGRASI UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN BALKONDES NGARGOGONDO YANG BERKELANJUTAN

Ivo Novitaningtyas, Dian Marlina Verawati, Husnul Hotimah

Abstract


Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kondisi mitra Balkondes Ngargogondo yang masih membutuhkan peningkatan tata kelola produk dan pemasarannya. Hasil wawancara dengan mitra menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan yang dialami yaitu menurunnya jumlah kunjungan wisatawan selama masa pandemi, minimnya inovasi produk wisata yang ditawarkan, belum maksimalnya kerja sama aliansi strategis dengan UMKM di kawasan Borobudur, serta tata kelola pemasaran yang kurang optimal. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan pemasaran paket wisata yang terintegrasi melalui media sosial sehingga mudah dijangkau oleh calon wisatawan. Program pengabdian dilaksanakan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan kepada pengelola Balkondes Ngargogondo dan UMKM Desa Ngargogondo sebagai sasaran program. Hasil pelaksanaan program pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mitra terhadap pemasaran paket wisata terintegrasi. Penerapan pemasaran paket wisata yang terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan minat kunjung wisatawan. Jika jumlah kunjungan meningkat maka dapat meningkatkan penjualan produk dan laba penjualan. Dengan demikian kondisi tersebut akan mendukung pengembangan bisnis balkondes yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Keywords


manajemen; paket wisata; pemasaran

Full Text:

PDF

References


Arlene, M. (2020). MICE Tourism During Covid-19 and Future Directions for the New Normal. Asia Pacific International Events Management Journal, 2(1), 11–17.

Guridno, E., & Guridno, A. (2020). Covid-19 Impact: Indonesia Tourism in New Normal Era. International Journal of Management and Humanities, 4(11), 31–34. https://doi.org/10.35940/ijmh.k1049.0741120

Haksever, C., Barry, R., Russel, R. S., & Murdick, R. G. (2000). Service Management and Operations. Prentice Hall International, Inc.

Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. CAPS Center for Academic Publishing Service.

Keshavarz, Y., & Ali, M. H. (2015). The Service Quality Evaluation on Tourist Loyalty in Malaysian Hotels by the Mediating Role of Tourist Satisfaction. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(3), 680–686. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n3s2p680

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1 (12th ed.). Indeks.

Madani, A., Boutebal, S. E., Benhamida, H., & Bryant, C. R. (2020). The Impact of COVID-19 Outbreak on the Tourism Needs of the Algerian Population. Sustainability, 12(21), 1–11. https://doi.org/10.3390/su12218856

Marzuki, A. (2011). Resident Attitudes Towards Impacts from Tourism Development in Langkawi Islands, Malaysia. World Applied Sciences Journal, 12, 25–34. https://doi.org/10.1080/13032917.2009.10518921

Nisa, F. K., Bhakti, I. S. G., & Mahendrardi, R. (2022). Program Peningkatan Pengelolaan dan Pemasaran Objek Wisata Desa Ngawen di Masa Pandemi Covid-19. CSPE: Journal of Community Service in Public Education, 2(1), 22–30. https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/view/36%0Ahttps://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/download/36/34

Novitaningtyas, I., Verawati, D. M., & Achsa, A. (2021). Examining a model of tourist loyalty in homestay tourism village balkondes Borobudur area in the new normal period. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 14(2), 179–196.

Pinaka, T., Rizal, M. D. F., & Diani, W. R. (2022). Pelatihan Pembuatan Konten Media Promosi Berbasis Bahasa Negara Di Ruang Publik Guna Peningkatan Wisatawan Di Gunung Giyanti Balesari. CSPE: Journal of Community Service in Public Education, 2(1), 42–53. https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi.

Prihatnawan, A. B. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan, dan Harha Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata di Kawasan Balkondes Borobudur. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Rahma, V. S., & Arvianti, G. F. (2020). The Impacts of Covid-19 Pandemic in Indonesia and China’S Hotel Industry: How To Overcome It? Jelajah: Journal Tourism and Hospitality, 2(1), 2020. https://www.worldometers.info/coronavirus/?#countries

Sugandini, D. (2003). Anteseden Loyalitas Konsumen pada Industri Perhotelan Studi pada Hotel Berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta. Wahana, 6(2), 181–200.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Gava Media.

Utama, I. G. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ivo Novitaningtyas, Dian Marlina Verawati, Husnul Hotimah

DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Ruang Jurnal Lantai 1

Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115

 

Creative Commons License
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.