PENDAMPINGAN UMKM DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA DIGITAL

Fitrah Sari Islami, Ivo Novitaningtyas, Andhatu Achsa

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dalam bentuk pendampingan UMKM di Desa Balesari, dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra yaitu minimnya diversifikasi produk dan kompetensi untuk memanfaatkan media digital dalam bisnisnya. Tujuan dari program pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mitra dalam memproduksi produk yang variatif dan beragam, serta meningkatkan kompetensi mitra dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pengelolaan bisnisnya baik di bidang keuangan maupun pemasaran. Program dilaksanakan dengan menggunakan metode sosialisasi dan tutorial kepada 20 UMKM makanan ringan sebagai mitra sasaran program. Hasil evaluasi pelaksanaan program menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dari mitra terhadap pentingnya diversifikasi produk dan pemanfaatan teknologi digital. Melalui pelaksanaan program ini diharapkan agar manajemen bisnis dari para pelaku UMKM makanan ringan di Desa Balesari dapat ditingkatkan.

Keywords


digitalisasi; diversifikasi produk; UMKM

Full Text:

PDF

References


Asmoro, B. T., & Sari, D. K. (2020). Peningkatan Kapasitas Organisasi Pokdarwis melalui Pelatihan Administrasi Keuangan (Studi Kasus Pokdarwis Desa Sukodono Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang). Jurnal PKM, 4(3), 307–311.

Atmaja, H. E., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Aspek Pemasaran UMKM di Masa Resesi Global Dampak dari Pandemi COvid-19. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 13(1), 1–11.

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17880

Herdhiansyah, D., Asriani, A., Sakir, S., Rejeki, S., & Suwarjoyowirayatno, S. (2022). Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Menjadi Kripik Kulit Singkong di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Jurnal PKM, 5(2), 219–226.

Majdi, M. Z., Rizkiwati, B. Y., & Wirasasmita, R. H. (2020). Penguatan Nilai Produk Home Industry Menuju Kesejahteraan Masyarakat Desa Suradadi, Terara, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarak, 5(2), 587–595.

Mukhtar, M., & Taha, S. R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Potensi Desa Sebagai Upaya Pencapaian SDGs. Jambura Journal of Husbandry and Agriculture Community Serve (JJHCS), 1(1), 12–16.

Santoso, B., Wiranti, D., & Bhw, J. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Dabuk Makmur Dengan Pengelolaan Jamur Sawit Menjadi Jamur Crispy Bernilai Ekonomi. Jurnal PKM, 4(3), 212–217.

Septariani, D., Ria, A., & Lindiawatie, L. (2018). Akuntansi Sederhana untuk Usaha Mikro Karang Taruna Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok. Jurnal PKM, 1(1), 1–10.

Sriyana, J., & Sari, C. P. (2018). Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Produsen Makanan Berbahan Baku Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 65. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.2017

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Yunita, A., & Purwanto, H. (2020). Peningkatan Pemasaran Produk Kerajinan Bambu di Dusun Sanggrahan I, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4603


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitrah Sari Islami, Ivo Novitaningtyas, Andhatu Achsa

DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Ruang Jurnal Lantai 1

Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115

 

Creative Commons License
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.