Optimalisasi Digital Marketing untuk Pelaku UMKM di Kabupaten Tasikmalaya: Sebuah Upaya Pemberdayaan Masyarakat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknik digital marketing kepada masyarakat yang kurang mengakses teknologi informasi dan memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan langsung kepada para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan pemanfaatan media sosial, pembuatan konten digital, dan strategi pemasaran online lainnya. Hasil penelitian akan diukur berdasarkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta, serta dampak terhadap perkembangan usaha mereka. Bimbingan teknis digital marketing ini melibatkan 65 pelaku UMKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bala, D.M. and Verma, M.D. (2018) ‘A Critical Review of Digital Marketing’, International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), pp. 321–339.
Boyer, K.K. and Hult, G.T.M. (2005) ‘Customer Behavior in an Online Ordering Application: A Decision Scoring Model*’, Decision Sciences, 36(4), pp. 569–598. Available at: https://doi.org/10.1111/j.1540-5414.2005.00103.x.
Desai, V. (2019) ‘Digital Marketing: A Review’, International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), pp. 196–200.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Juniar Alisa, Prahita Sri Rahayuningrat, Alfin Nur Fahmi Mufreni
DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Ruang Jurnal Lantai 1
Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi
Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115
Â
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.