Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal geoducation bertujuan untuk menjadi sarana yang efisien untuk menerbitkan dan mendistribusikan informasi berkualitas tinggi dari para akademisi. Lingkup utama dalam jurnal geoducation adalah sebagai berikut :

  • Model pembelajaran geografi
  • Metode pembelajaran geografi
  • Strategi pembelajaran geografi
  • Media pembelajaran geografi
  • Penelitian tindakan kelas
  • Penelitian eksperiment
  • Kontent pembelajaran geografi
  • Kajian sumber belajar geografi
  • Kurikulum Pembelajaran Geografi

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal ini mengadopsi proses tinjauan double blind yang dipantau secara ketat oleh para editor. Editor melakukan peninjauan reviewer untuk menilai kualitas dan jenis sebelum mengirimkannya ke proses peninjauan. Naskah yang tidak memenuhi standar ilmiah tidak akan dipertimbangkan untuk proses peninjauan. Penulis diharapkan untuk memperhatikan ketentuan dan juga menunjukkan kategori di mana mereka menerbitkan jika itu bukan artikel penelitian. Editor juga akan memeriksa keterbacaan, penggunaan tata bahasa dan dapat meminta pengiriman ulang jika naskah dinilai buruk dalam parameter ini.

Editor meminta reviewer untuk memberikan masukan ilmiah serta kemungkinan banding naskah ini bagi pembaca. Editor akan menghubungi reviewer setelah formulir dikirimkan kepada mereka, dengan pengingat berkala tanggal jatuh tempo. Setelah semua ulasan tersedia, Editor yang menangani naskah kemungkinan besar akan membuat keputusan dalam satu atau dua hari. Editor kemudian akan menghubungi penulis terkait dengan keputusan tersebut.

Penulis dapat memberikan komentar kepada editor tentang masukan dari reviewer. Namun, komentar ofensif terhadap reviewer akan dikenakan pembatalan publikasi. Penilaian editorial juga dilakukan setelah proses review selesai sebelum akhirnya merekomendasikan naskah untuk terbit. Semua upaya dilakukan untuk menyelesaikan seluruh proses dalam waktu tiga bulan sejak pengiriman dengan keputusan pertama rata-rata dilakukan dalam 30 hari untuk menginformasikan status artikel mereka.

          Seluruh proses peninjauan artikel yang diserahkan ke Geoducation dilakukan secara online dan digital. Penulis harus menggunakan sistem pengiriman online untuk mengirimkan naskah mereka. Hanya jika mereka tidak dapat melakukannya mereka harus menghubungi editor melalui email.

 

Publication Frequency

2 issues per year (December & June)

 

Open Access Policy

Semua artikel yang diterbitkan oleh GEODUCATION dapat diakses secara terbuka dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Itu berarti 1) Setiap pembaca memiliki akses gratis dan tidak terbatas ke teks lengkap dari semua artikel yang diterbitkan dalam GEODUCATION, dan 2) Setiap pembaca bebas untuk menggunakan kembali artikel yang diterbitkan jika kutipan yang tepat dari publikasi asli diberikan.

          Penulis dan pemegang hak cipta memberikan kepada semua pengguna hak akses gratis, tidak dapat dibatalkan, di seluruh dunia dan lisensi untuk menyalin, menggunakan, mendistribusikan, mengirim dan menampilkan karya secara publik dan untuk membuat dan mendistribusikan karya turunan, dalam media digital apa pun untuk tujuan yang bertanggung jawab, tunduk pada atribusi kepenulisan yang tepat sesuai dengan kaidah sitasi ilmiah, serta hak untuk membuat sejumlah kecil salinan cetak untuk penggunaan pribadi mereka.