ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC COMIC PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Dalam melakukan pengembangan media pembelajaran electronic comic diperlukan penelitian yang dapat mengkaji dan menganalisis lebih dalam terkait kebutuhan yang menjadi dasar pengembangan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pemilihan media pembelajaran electronic comic dapat dikembangkan dengan mempertimbangkan karakter siswa yang mendukung. Studi literatur memberikan gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran electronic comic dapat membawa hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat. Gambaran motivasi siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Singaparna berada pada kriteria tinggi menjadi pendorong untuk pengembangan media pembelajaran electronic comic agar motivasi siswa dapat meningkat pada kriteria yang lebih baik. Materi yang diterapkan ke dalam media pembelajaran electronic comic adalah materi Keragaman Budaya Indonesia yang membutuhkan media visual dalam penyampaiannya.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisty, Naomi. (2022). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone di Indonesia. Diakses pada 28 Oktober 2022: https://goodstats.id.
Azis, Radika Nur Abdul, Ika Oktaviyanti dan Mucuh Arsyad Fardani. 2022. Gaya Belajar Visual Anak Selama Pandemi di Kelurahan Purwodadi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 601-605.
Badan Pusat Statistik. (2021). Persentase Penduduk yang Memiliki/ Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah 2019-2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Bany Purnama, Unty, and Deny Tri Ardianto. 2015. Penggunaan Media Komik Digital Dan Gambar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Vol. 13.
Creswell, J. W. 2017. Research Designe: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach. Thousand Oaks: Sage. Daini, Helmi, and Marlini. 2017. “Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.†Jurnal Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan 5(1), 238–46.
Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Febriyati, Aditia, Aminuyati, dan Putri Tipa Anasi. 2020. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didikâ€
Heryanti, Nilla, and Alexon. 2021. “Pengembangan Multimedia Komik Untuk Meningkatan Sikap Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS Di SMA Negeri Bengkulu Utara).†Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 11(1), 36–49.
Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2017). Survey Penggunaan TIK 2017 serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Pusat Litbang Aptika dan IKP.
Nasution, Toni, et al. (2022). Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Journal of Science and Social Research, 5(3), 581-587.
Nurfadhillah, Septy et al. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Belajar Siswa SN Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.
Pranatawijaya, Viktor Handrianus, et al. 2019. Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika. 5(2), 128-137.
Putra, Aldy Aldya, and Faizal Irfandi. 2018. “Implementasi Quick Response (QR) Code Pada Aplikasi Pratinjau Komik Cetak.†Jurnal Siliwangi 4(2), 104–11.
Riwanto, Mawan Akhir, dan Mey Prihandani Wulandari. 2018. “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) Dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi.†Jurnal PANCAR 2(1), 14–18.
Saputro, Anip Dwi. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Studi Kependidikan dan Keisalaman, 5(1), 1-19.
Sugiyono. (2018). Metode Pefnelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumardjo, Jakob. (2011). Sunda: Pola Rasionalitas Budaya. Bandung: Kelir
Tafonao, Talizaro. (2018) Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Wulansari, Desi, Asni Johari, and Revis Asra. 2022. “Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Faktual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas X SMA.†BIODIK, 8(1), 42–50. doi: 10.22437/bio.v8i1.15713.
Refbacks
- There are currently no refbacks.