PERANAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM PEMAHAMAN BENCANA GUNUNGAPI PADA PESERTA DIDIK SMA DI DAERAH RAWAN BENCANA GUNUNG GUNTUR

Ely Satiyasih Rosali

Abstract


Kabupaten Garut merupakan daerah dengan potensi bencana tinggi. Karena  21.576 hektar atau sebesar 7,02 % daerahnya memiliki risiko terdampak bencana letusan gunungapi. Penelitian ini dilakukan terhadap 195 orang peserta didik pada SMA yang berada di Kawasan Rawan Bencana Gunung Guntur. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan formula Y = a + b1X1+b2X2........bnXn. Dari hasil temuan dapat disimpulkan bahwa (1) Tingkatan pemahaman tertinggi yang dicapai peserta didik adalah kemampuan menafsirkan materi yang telah dipelajari (interpreting) yaitu sebesar 19%.  Sedangkan kemampuan terendah yang dicapai adalah bentuk menjelaskan kembali (explaining) yaitu sebesar 10%, (2) Persentase sumbangan pembelajaran geografi terhadap tingkat pemahaman peserta didik  sebesar 45,1%. Hal tersebut berarti bahwa  pembelajaran geografi memberikan kontribusi 45,1% terhadap tingkat pemahaman peserta didik mengenai bencana gunungapi, dan sisanya sebesar 54,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain

 Kata Kunci : Pembelajaran geografi, Pemahaman Bencana, Gunung api.


Full Text:

PDF 24-36

References


Bahtiar,T(2013). Bencana Mengintai dari Balik Keelokan Tatar Sunda. Bandung : Badan Geologi

BPBD Garut.(2014). Kegiatan penanggulangan Bencana di Kabupaten Garut. Tidak diterbitkan.

Leach,B, C.Dixon.(2013).Metode pengambilan Sampel untuk Penelitian Geografi. Yogyakarta : Ombak

Nugroho,Djawadi Hadi.(2003). Strategi Pembelajaran Geografi. Yogyakarta : Ombak

Sastradihardja, Singgih (2010), Tanggap Bencana Alam Gunungapi. Bandung : Angkasa.

Sembiring,RK.(2013). Analisis Regresi. Edisi kedua. Bandung : Penerbit ITB.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Yamin,Martinis.(2013).Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Referensi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitor/Pengunjung

 

Flag Counter