PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA ALAZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020

Lusi Septiana, Armi Lia Aji, Riklarita Simanjuntak, Muhammad Robith Farkhan

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis IT terhadap kemampuan  spasial dan hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian menggunakan Quasi Eksperiment Desaign, metode Non-equivalent Control Group bentuk Pretest dan Posttest. Populasi penelitian berjumlah 96 siswa kelas XII IIS. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan tes. Teknik analisis data adalah uji regresi liner sederhana dan studi literatur. Hasil perhitungan regresi linier sederhana adalah t hitung lebih besar dari t tabel dan signifikansi kurang dari 0,05. Hasil studi literatur yang telah dilakukan adalah media pembelajaran berbasis IT efektif dan dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis IT terhadap kemampuan  spasial dan hasil belajar

Keywords


Hasil belajar, kemampuan spasial, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Hamdanah, H., Rahmat, D., & Setiawan, I. (2020, March). GOOGLE EARTH UTILIZATION IN INCREASING SPATIAL LITERACY OF HIGH SCHOOL STUDENTS. In International Conference on Elementary Education (Vol. 2, No. 1, pp. 436-446).

Kurniawan, M. E., Rahmah, A., & Komalasari, K. (2020, May). INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Lahay, R. J., & Mohamad, N. (2020). PETA PUZZLE 3D BERBASIS MOBILE AUGMENTED REALITY SEBAGAI PROTOTIPE MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 26-31.

Lestari, W. W., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAPHY CRITICAL GAME BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1265-1269.

Maharani, W., & Maryani, E. (2015). PENINGKATAN SPATIAL LITERACY PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PETA. Jurnal Geografi Gea, 15(1).

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). INVESTIGATING THE EFFECT OF PRE-TRAINING WHEN LEARNING THROUGH IMMERSIVE VIRTUAL REALITY AND VIDEO: A MEDIA AND METHODS EXPERIMENT. Computers & Education, 140, 103603.

Musofa, N., & Janattaka, N. (2019). PEMANFAATAN MEDIA POWTOON PADA MATERI KOMIK DI SEKOLAH DASAR. INVENTA, 3(2), 147-157.

Nofirman, N. (2019). STUDI KEMAMPUAN SPASIAL GEOGRAFI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(2), 11-24.

Nursa’adah, I., Ardiansyah, A. N., & Masruroh, M. (2020). PENGARUH APLIKASI SETERRA TERHADAP HAFALAN PETA PADA SISWA KELAS VIII DI MTS MATHLA’UL ANWAR 2 KOTA BOGOR. GEOSEE, 1(1).

Purwaningsih, E. (2020). EFEKTIFITAS KONSEP PEMBELAJARAN KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK DI KAWASAN ASIA TENGGARA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SOLELINK†PADA SISWA KELAS IX. Majalah Pembelajaran Geografi, 3(1), 1-8.

Samuels, P. (2015). ADVICE ON RELIABILITY ANALYSIS WITH SMALL SAMPLES. Birmingham City: Birmingham City University. Retrieved Feb, 6, 2018.

Setiawan, I. 2015. PERAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL (SPATIAL THINKING). Jurnal Geografi Gea, 15(1).

Wardana, F., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). MEDIA PENGINDERAAN JAUH BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 863-868.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 GEOSEE