ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI INDONESIA

Fani Febrinia Salindri

Abstract


Fenomena permukiman kumuh di perkotaan dilatarbelakangi oleh tingginya urbanisasi, keterbatasan lahan permukiman, dan tingginya harga lahan sehingga menimbulkan munculnya permukiman kumuh yang tidak terkendali di perkotaan. Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di kawasan kumuh dan menjadikan tempat tinggal yang layak huni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program KOTAKU dan menganalisis implementasi pelaksanaan program KOTAKU di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dari publikasi instansi terkait dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Program KOTAKU dengan Gerakan 100-0-100 yang berarti 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak merupakan upaya pengentasan permukiman tidak layak huni; Program KOTAKU pada beberapa kota di Indonesia belum terimplementasi dengan baik oleh adanya aspek-aspek seperti partisipasi masyarakat, pemangku kebijakan, anggaran dana yang belum sepenuhnya memberikan dukungannya terhadap sasaran dan tujuannya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program KOTAKU di Indonesia masih dibutuhkan evaluasi dan pengawasan yang baik dari penanggungjawab kebijakan dan dukungan dari masyarakat sehingga tujuan dari program ini dapat terrealisasi dengan sangat baik serta mampu meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.

Keywords


Implementasi; Program KOTAKU; Permukiman kumuh

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, & Suriyani, E. (2022). Implementasi Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dalam mengatasi Permukiman Kumuh di Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak kabupaten Tabalong. JAPB: Jurnal Administrasi Publik & Administrasi Bisnis, 1-14.

Akbar, T., & Alfian, F. (2018). KAMPUNG TEMATIK SEBAGAI BENTUK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERMASALAHAN PERMUKIMAN KUMUH DI KOTA MALANG . Wahana, 37-48.

Arung, R., & Ulimaz, M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kumuh Permukiman Kumuh di Kelurahan Baru Ulu Kota Balikpapan. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 472-481.

Drakakish. (2002). Persoalan Permukiman Kumuh. Jurnal Geografi.

Firda, D., Sobirin, & Indra, T. L. (2017). Sensitivitas Permukiman Kumuh Terhadap Bencana Kebakaran di Kota Bekasi. IRONS: Industrial Research Workshop and National Seminar, 600-605.

Fitri, A., Sakawati, H., & Yamin, M.N. (2021). Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Aktor, 25-31.

Handika, V., & Yusran, R. (2020). Implementasi Program Kotaku dalam Upaya Mengatasi Permukiman Kumuh di Kabupaten Lima Puluh Kota. JCE : Journal of Civic Education, 277-286.

Irvan, E. P. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Pesisir Kecamatan Limapuluh KOta Pekanbaru. JOM FISIP.

Putro, J. D. (2011). Penataan Kawasan Kumuh Pinggiran Sungai di Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Teknik Sipil Untan.

Rachman, D. N., & Chairil. (2019). Analisis Sistem Proteksi Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk (Studi Kasus pada Kelurahan Kertapati Palembang). Jurnal Ilmiah TEKNIKA, 117-129.

Rahmani, M. R., Arifin, J., & Rijali, S. (2020). Implementasi Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dalam Mengatasi Permukiman kumuh di Kelurahan Agung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. JAPB : Jurnal Administrasi Publik & Administrasi Bisnis, 196-212.

Sari, D. I. (2019). Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Di Kelurahan Dalam Bugis Kecamatan Pontianak Timur Kota Pontianak. Publika: Jurnal Ilmu Administrasu Negara, 1-14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto. (2008). Tinjauan Eksistensi Standar-standar Proteksi Kebakaran dan Penerapannya dalam Mendukung implementasi Peraturan Keselamatan Bangunan PPIS. Bandung: Departemen Pekerjaan Umum.

Sutanti, N., Tjahjono, B., & Syaufina, L. (2020). Analisis Risiko Bencana Kebakaran di Kecamatan Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat. Tata Loka, 162-174.

Syamsiar, N. R., Surya, B., & Tato, S. (2021). Penanganan Permukiman Kumuh. Gowa: Pusaka Almaida.

Winarno, B. (2014). Kebijakan Publik : Teori, Prose dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019

Permen Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Nomor 2 tahun 2016 tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh

Permen Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Nomor 14 tahun 2018 tentang Pencegahan Peningkatan terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh

Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Surat Edaran Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR nomor 40/SE/DC/2016 tentang Pedoman Umum Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 GEOSEE