Penentuan Jalur Terpendek menggunakan Google Maps API pada Sistem Informasi Geografis (SIG) Panti Sosial di Kota Tasikmalaya

Hariska Paunsyah, Husni Mubarok, Rahmi Nur Shofa

Abstract

Persoalan lintasan terpendek dapat diselesaikan dengan berbagai macam algoritma, salah satunya algoritma dijkstra. Algoritma ini menghitung bobot terkecil tiap-tiap titik sehingga tercapai nilai terkecil dari titik awal ke titik tujuan, pada penelitian ini algoritma dijkstra dipakai untuk menghitung jarak terdekat dari tempat donatur ke panti sosial yang ada di Kota Tasikmalaya. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan cara untuk memberikan informasi data panti sosial dan menentukan rute terpendek algoritma Dijkstra. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak adalah berbasis Object Oriented Programming, metodologi pengembangan perangkat lunak yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan pelanggan yang dimaksud adalah Extreme Programing. Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang memudahkan dalam mengetahui serta mendapatkan informasi yang akurat keberadaan Panti Sosial yang akan dituju dengan menggunakan jalur terpendek dari algoritma Dijkstra.

Full Text:

PDF

References

Antonio, Soleh dkk. (2013). Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra. Jurnal EECCIS, 125-130.

Fitria, Apri. (2013). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Sistem Informasi, 611-621.

Joko, Muhammad. (2016). Rancang Bangun Webgis Pemetaan Lokasi Panti Sosial Menggunakan Pmapper. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 137-142.

Lee, Jhon. (2003). The use of geographical information systems in climatology and meteorology. Progress in Physical Geography, 313-330.

Mufti, Yusuf. (2015).Panduan Mudah Pengembangan Google Map Android. Yogyakarta: Andi.

Pressman, Roger S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Alih Bahasa: Adi Nugraha, dkk. Yogyakarta: Andi.

Septya, Awang dkk. (2016). Sistem Informasi Geografi (SIG) Pencarian ATM Bank Kaltim Terdekat dengan Geolocation dan Haversine Formula Berbasis Web. Jurnal Intofel, 1-8.

Sri, Endah. (2014). Penentuan Rute Terpendek Pengambilan Sampah di Kota Merauke Menggunakan Algoritma Dijkstra. SEMANTIK, 1-7.

Wibowo, dkk. (2015). Sistem Informasi Geografis Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara di Provinsi Bengkulu berbasis Web. Jurnal Media Infotama no ISSN : 1858-2680

Yulia dkk. (2015). Pencarian SPBU terdekat dan penentuan jarak terpendek menggunakan algoritma Dijkstra. Jurnal Nasional Teknik Elektro no ISSN : 2302-2949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.