Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Autisme Pada Anak

Neng Ika Kurniati, R. Reza El Akbar, Panji Wijaksono

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang dapat dideteksi sejak dini. Setiap tahunnya anak yang mengidap spektrum autisme jumlahnya semakin meningkat. Menurut data dari UNESCO pada tahun 2011, terdapat 35 juta orang penyandang auitisme di seluruh dunia. Rata – rata 6 dari 1000 orang di dunia telah mengidap autisme. Di Amerika Serikat, autisme dimiliki oleh 11 dari 1000 orang. Sedangkan di Indonesia perbandingannya 8 dari setiap 1000 orang. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk peka terhadap adanya kelainan yang ditunjukkan anak dalam masa perkembangannya agar dapat segera ditangani dan mengurangi resiko yang mengganggu pada perkembangan selanjutnya. Dengan dasar tersebut maka diperlukan sebuah sistem pakar yang dapat membantu orang tua untuk mendeteksi indikasi autisme pada anaknya. Adapun sistem pakar yang dibangun menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto sebagai metode penalaran untuk menentukan hasil deteksi berdasarkan gejala yang ditunjukkan. Sistem pakar ini dibangun berbasis web agar dapat digunakan oleh orang tua maupun instansi/lembaga yang membutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun suatu program aplikasi sistem pakar yang mampu memberikan diagnosis autisme pada anak yang memiliki gangguan ADHD. Manfaat yang dapa dihasilkan dari hasil penelitian ini adalah Memberikan pengetahuan tentang gejala awal autisme pada anak bagi para orang tua, diharapkan mampu membantu para orang tua untuk melakukan penangan awal bagi anak autisme, dapat digunakan untuk mempermudah dokter spesialis anak, guru / psikiater yang menangani autisme untuk memeriksa pasien.

Full Text:

PDF

References

Imaculata, U, "Bina Diri dan Perilaku", Jakarta :MAS Publishing, 2011.

Kusumadewi,S, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta. Graha Ilmu.2003.

Durkin, J, "Expert Systems Design and Developmen". New Jersey: Prentice Hall International Inc. 1994.

Ayuningtyas, I. K., Saptono, F., & Hidayat, T. (2007). Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Balita Menggunakan Penalaran Fuzzy Mamdani. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007) , L65-L71.

Andriani (2002), Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, Bandung : Graha Ilmu.

Gardenia, M., & Pratiwi, H. S. (2016). Sistem Pakar Deteksi Autisme Pada Anak Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto, 2(1).

Suriansyah, M. I., & Novianti, S. (2012). Pendahuluan Metodologi Penelitian, 329–334.

Kusumadewi, Sri dan Hartati, Sri. 2006. Neuro Fuzzy-Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf. Yogyakarta: Graha

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: ANDI.

Suparyanto. 2013. Sekilas Tentang Anak Autis. 20 April 2015. http://drsuparyanto.blogspot.com/2013/10/sekilas-tentang-anak-autis.html.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.