PENGARUH FASILITAS E-SPT DAN E-FILING DALAM PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN (Survei Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Tasikmalaya)

Neneng Rina Andriani, Iwan Hermansyah, Adil Ridlo Fadillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Fasilitas E-SPT, E-FILING, dan kepatuhan wajib pajak badan pada wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Tasikmalaya, (2) Pengaruh Fasilitas E-SPT dan E-FILING secara simultan dan parsial terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dalam hal ini Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Tasikmalaya dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Fasilitas E-SPT, E-FILING dan kepatuhan wajib pajak badan pada wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Tasikmalaya menunjukan sangat baik, (2) Secara simultan fasilitas E-SPT dan E-FILING berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Tasikmalaya. Secara parsial fasilitas E-SPT berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan, namun fasilitas EFILING secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Tasikmalaya.

Kata Kunci : E-SPT, E-FILING, Kepatuhan Wajib Pajak.


Keywords


E-SPT, E-FILING, Kepatuhan Wajib Pajak.



DOI: https://doi.org/10.37058/jak.v15i1.1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL AKUNTANSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi by Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak.

Jurnal Akuntansi Visitor Counter JAK Stats