PERENCANAAN SISTEM PROTEKSI PENANGKAL PETIR DI STADION SAKTI LODAYA KECAMATAN CISAYONG KABUPATEN TASIKMALAYA

Zaki Mulyadi, Ifkar Usrah, Asep Andang

Abstract


Petir merupakan peristiwa peluahan listrik antara suatu awan bermutan dengan bumi, atau antar awan bermuatan dengan awan bermuatan lainnya. Sistem proteksi petir dirancang untuk melindungi suatu area dari dampak sambaran petir. Wilayah Indonesia sendiri memiliki intensitas sambaran petir yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan (SPP) Sistem Proteksi Petir Eksternal dan mengetahui efektifitas sistem penangkal petir yang akan terpasang pada Stadion Sakti Lodaya Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya. Standar yang digunakan dalam menganalisa Sistem Proteksi Petir (SPP) adalah SNI 03-7015-2004 dan Peraturan Umum Instalasi Penangkal Petir (PUIPP). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode Sudut Proteksi, Metoda Bola Bergulir. Menurut hasil analisa yang telah dilakukan, sistem proteksi petir pada Stadion Sakti Lodaya Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalama belum terpasang proteksi penangkal petir , karenanya harus memasang proteksi yang memenuhi zona proteksi petir sesuai standar yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan sistem proteksi petir pada Stadion Sakti Lodaya Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalama sudah termsuk aman.


Full Text:

PDF 95-103

References


Z. Halkim, I. Dalniall, M. Raljalgukguk, D. Progralm, alnd S. Teknik, “MAlSJID RAlYAl MUJAlHIDIN MENGGUNAlKAlN METODE BOLAl BERGULIR ( ROLLING SPHERE METHOD ),†pp. 1–7.

M. T. Al. Sutisnal alnd M. T. Al. Alndalng, “CISAlYONG KAlBUPAlTEN TAlSIKMAlLAlYAl BERSTAlNDAlR FIFAl Penelitialn ini tidalk membalhals installalsi peneralngaln paldal gedung daln tribun staldion.â€

J. Galjalh, “( AlPLIKAlSI BAlLAlI KOTAl PAlRIAlMAlN ) Oleh :,†vol. 1, no. 2, pp. 12–18, 2012.

S. N. Indonesial, “Sistem proteksi petir paldal balngunaln gedung,†2004.

D. Keluralhaln alnd U. Salri, “Alnallisis Sistem Pengalmaln Menalral Seluler Smalrtfren Paldal Perumalhaln Malsyalralkalt,†vol. 1, no. 2, pp. 11–20, 2015.




DOI: https://doi.org/10.37058/jeee.v4i2.6118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE)
Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jeee@unsil.ac.id
e-ISSN: 2720-989X


INDEXED BY: