Analisis Kelayakan Instalasi Listrik di PT. Komatsu Indonesia (KBN Plant)

Riky Permana Sidiq, Edvin Priatna, Ifkar Usrah

Abstract


PT. Komatsu Indonesia (KBN Plant) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi dan pertambangan, sejak awal beroperasi pada tahun 2005 PT. Komatsu Indonesia terus berkembang pesat seiring dengan perkembangannya tentunya kebutuhan pasar akan meningkat begitupun dengan perlatan yang membutuhkan energi listrik akan ikut bertambah sama halnya dengan daya listrikpun mengalami penambahan. Dengan bertambahnya kapasitas, beban serta instalasi dikhawatirkan kinerja instalasi kelistrik akan menurun, termasuk sistem1penghantar, sistem1pengaman instalasi1yang1digunakan dan sistem1pembumian. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sistem instalasi listrik yang ada di PT. Komatsu Indonesia (KBN Plant) seperti sistem penghantar, sistem pengaman dan sistem pembumian. Berdasar hasil penelitian sistem instalasi di PT. Komatsu Indonesia (KBN Plant) sudah memenuhi standar yang berlaku. Sistem penghantar, sistem pengaman, dan sistem grounding menunjukan hasil yang baik sesuai standard PUIL 2011, khususnya nilai setiap perhitungan tidak melebihi standar PUIL 2011 seperti pengaman pada panel MDB Utility nilai KHA setelah dihitung sebesar 47.48 A dan bedasar PUIL 2011 nilai pengaman yang dipakai sebesar 50 A, tentunya pengaman terpasang sudah memenuhi dan bahkan melebihi standar diamna nilai rating arus pada pengaman terpasang sebesar 160 A. Nilai arus tersebut memiliki nilai yang cukup jauh dari hasil perhitungan dari beban saat ini.

Kata Kunci ; PUIL 2011, Luas Penampang, KHA, Pengaman, Grounding.


References


U. S. Sidin et al., “Evaluasi Sistem Instalasi Listrik Pada Menara Transmisi Evaluation Of Electrical Installation System On Telecommunications Transmission Tower At Upd007 Telkomas Site , Makassar City,†vol. 19, no. 1, pp. 13–20, 2021.

M. I. Zainal et al., “Analisis Kelayakan Instalasi Listrik Pada Gedung Pt . Honda Semoga Jaya Prima,†vol. 7, no. 1, 2021.

S. Bahraen, Sultan, and I. M. A. Nrartha, “Evaluasi sistem instalasi listrik di gedung b kampus fakultas teknik universitas mataram.,†Unram Repos., no. 1, 2018.

ANGGI SUMARNA, “Analisis Kelayakan Instalasi Listrik Rumah Tangga,†vol. 7, p. 6, 2021.

F. D. Sukardi, A. Zain, and A. Muliawan, “Prototipe Pengaman Peralatan Instalasi Listrik dan Tegangan Sentuh Bagi Manusia dengan ELCB ( Earth Leakege Circuit Breaker ),†J. Teknol. Elekterika, vol. 16, no. 2, p. 56, 2019.

J. Akbar, D. Notosudjono, and A. R. Machdi, “Studi Evaluasi Perencanaan Kebutuhan Daya pada Instalasi Listrik di Gedung Harco Glodok Jakarta,†J. Online Mhs. Bid. Tek. Elektro, vol. 1, pp. 1–10, 2017.

RB Budi Kartika W, “Perencanaan Instalasi Listrik 220 Volt Gedung Hanggar Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia,†Jurnal Ilmiah Aviasi Langit Biru, vol. 10, no. 2, Juni 2017.

A. B. C. Dien et al., “Redesain Instalasi Listrik Dikantor Pusat Universitas Sam Ratulangi,†Redesain Instal. List. Dikantor Pus. Univ. Sam Ratulangi, vol. 7, no. 3, pp. 303–314, 2018.




DOI: https://doi.org/10.37058/jeee.v5i1.7850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE)
Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jeee@unsil.ac.id
e-ISSN: 2720-989X


INDEXED BY: