Rancang Bangun Prototype Pembersih Solar Panel Otomatis Pada Rooftop Berbasis Mikrokontroler

Wahyudi Purnomo, Sandy Bhawana Mulia, Muhammad Fikri

Abstract


Kebutuhan akan sumber tenaga listrik alternatif sangat dibutuhkan ketika cadangan bahan bakar minyak dunia semakin menipis. Dalam upaya tersebut maka dibutuhkanlah sumber energi yang tidak terbatas seperti tenaga surya. Faktor-faktor yang mempengaruhi optimal kinerja dari suatu panel surya adalah pengaruh suhu, shadding effect, dan bahan pembuat sel surya itu sendiri. Panel sel surya ini harus dalam kondisi optimal setiap saatnya. Karena panel surya disimpan pada rooftop maka panel ini rentan terkena shadding effect. Penelitian ini bertujuan sebagai acuan serta untuk menghilangkan shadding effect pada panel surya secara otomatis. Metode penelitian yang digunakan yaitu identifikasi masalah, observasi lapangan, perencanaan konsep, diagram alir serta skematik perancangan meliputi perancangan pyranometer dan solar cell, perancangan water pump, perancangan panel surya, perancangan motor DC, perancangan RTC. Hasil pengujian menunjukan bahwa, alat pembersih alat pembersih ini dapat lebih memaksimalkan penyerapan yang dimana didapat nilai total daya yang dihasilkan sebelum pembersihan sebesar 162,93W dan sesudah dibersihkan naik menjadi 180,69W. Daya yang diperlukan untuk melakukan pembersihan jika wiper naik sebesar 21,55W dan jika wiper turun sebesar 18,67W. hasil ini pun dapat berubah berdasarkan set point yang digunakan hasil tersebut menggunakan perbandingan 15 w/m2.


References


Daryal Fuaddin, Aceng Daud, ST., M.Eng, Rancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya On-Grid Kapasitas 20 kWp untuk Residensial, Jurnal Energi, Volume 10 Nomor 1, Novermber 2020.

Sri Endah Susilowati dan Imamuddin, PERANCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN DAYA 50WATT MENGGUNAKAN COMPACT DISC BEKAS, JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN.

Handoko Rusiana Iskandar, Een Taryana dan Syandy Syaidina, PERANCANGAN KEBUTUHAN ENERGI LISTRIK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DI HANGGAR DELIVERY CENTER PT. DIRGANTARA INDONESIA, jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek.

Hari Satryawan, PERANCANGAN SOLAR HOME SYSTEM DI DAERAH TERPENCIL NUSA TENGGARA BARAT, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

B. Purwoto and Jatmiko, “EFISIENSI PENGGUNAAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF.

P. Harahap, “Pengaruh Temperatur Permukaan Panel Surya Terhadap Daya Yang Dihasilkan Dari Berbagai Jenis Sel Surya,†RELE (Rekayasa Elektrikal dan Energi) : Jurnal Teknik Elektro, vol. 2, no. 2, 2020.

Destiarini, “ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO ATMEGA328,†Jurnal Informanika, vol. 5, no. 1, 2019.

D. Hariyanto, E. Setiawan, and D. Syauqy, “Kendali Posisi Robot Beroda Dengan Sistem Global Positioning System (GPS) Menggunakan Proportional, Integral dan Derivative (PID) Berbasis Arduino Mega 2560,†2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

N. Novriansyah, P. G. Chamdareno, and B. Budiyanto, “APLIKASI PYRANOMETER DIGITAL BERBASIS NODE WEBKIT DENGAN SISTEM PENAMPILAN DATA SECARA REALTIME,†elektum, vol. 14, no. 1, p. 9, Apr. 2017, doi: 10.24853/elektum.14.1.9-15

Y. Fitri, B. Sulianto, N. Fitrya, and F. Retnowati, “PERANCANGAN ALAT DIGITAL PENGUKUR INTENSITAS RADIASI MATAHARI DAN LAMA PENYINARAN MATAHARI (Prototype of Digital Radiation Intensity and the duration of visible sunshine measurement),†2018.

J. Aulia Sashiomarda and D. Prabowo, “PERANCANGAN PERALATAN UNTUK PENGUKURAN RADIASI GELOMBANG PENDEK MATAHARI,†2016.




DOI: https://doi.org/10.37058/jeee.v5i1.8540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE)
Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jeee@unsil.ac.id
e-ISSN: 2720-989X


INDEXED BY: