PENGARUH LAYANAN KUALITAS DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN BEKASI UTARA

Kurniawan Prambudi Utomo, Supriyanto Supriyanto

Abstract


The purpose of this research is to know and explain the service quality of employees and organizational culture toward the effect satisfaction of the people in the East Bekasi Sub-District Office in an effort to be in line with implementing the goal of the Bekasi City Governance. That the effect of service quality variables and organizational culture is positive and significant at the level of work satisfaction, so this study answers that the value of the variables are interrelated and have an impact great for employee performance in serving the people of the city of Bekasi.

Keywords: Service Quality; Culture; Satisfaction

Tujuan penelitian mengetahui dan menjelaskan  kualitas layanan pegawai dan budaya organisasi  terhadap kepuasaan masyarakat di Kecamatan Bekasi Utara dalam upaya sejalan mengimplementasi tujuan Pemerintah Kota Bekasi, dapat diketahui bahwa pengaruh variabel kualitas layanan dan budaya organisasi positif dan signifikan pada tingkat kepuasaan masyarakat, sehingga penelitian ini menjawab bahwa nilai variabel saling terkait dan mempunyai dampak yang besar bagi kinerja pegawai dalam melayani masyarakat kota Bekasi.

Kata Kunci : Layanan Kualitas; Budaya; Kepuasan


Keywords


service quality; kualitas layanan; culture; budaya; satisfaction; kepuasan

Full Text:

PDF

References


Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 6, 49-63. http:// 10.31311/jeco.v2i1.2690

Anastasi, A., & Urbina. (2007). Tes Psikologi. terjemahan. Jakarta: PT Indeks.

Ghozali I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kasmir. (2017). Customer Services Excellent. Jakarta: Rajawali Pers.

Utomo, K. P. (2016). Kepemimpinan Dan Kompensasi Pada Kinerja Pegawai (Studi Kasus PT Indonesia Marine Transportation Jakarta). Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, 3, 339-353.

Rasyid, H. Al., (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis., 8, 210-223. http://10.31311/jeco.v1i2.2026

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Suryati. (2015). Manajamen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Peraturan Menteri Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003.

Tjiptono, F., (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yuliantari, K., (2016)., Disiplin Kerja Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Megah Bangun Baja Semesta Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, 4, 354-373




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v6i1.1428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.