MINAT PENGGUNAAN OVO DI KOTA PONTIANAK MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE TECHNOLOGY
Abstract
The purpose of this study was to determine whether the factor of performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating condition have a positive effect on intention to use OVO. The research location is in Pontianak. This research is an explanatory research with research variables consist of independent variables that factor performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating condition and the dependent variable is intention to use OVO. The sampling technique is accidental sampling method, combined with the snowball sampling method. The collection of data through questionnaires. Methods of data analysis using Multiple Regression Analysis. The results of this study are expected to contribute to the development of science, particularly theories of consumer behavior in intention to use OVO relating to the identification of factors that affect the intention to use OVO. The results showed that the variables of performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating condition simultaneously influence the variable intention to use OVO. This indicates that the four variables influencing factor of intention to use OVO.
 Keywords: e-wallet; OVO; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah faktor harapan kinerja (performance expectancy), harapan usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence), dan kondisi pendukung (facilitating condition) mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat penggunaan OVO. Lokasi penelitian yang dipilih adalah kota Pontianak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory dengan variabel penelitian yang terdiri atas variabel bebas yaitu faktor performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating condition serta variabel terikat yaitu minat penggunaan OVO. Adapun teknik pengambilan sampling adalah metode sampling aksidental yang dipadukan dengan metode snowball sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya teori-teori perilaku konsumen dalam minat penggunaan OVO yang berkaitan dengan pengidentifikasian faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan OVO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating condition secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel minat penggunaan OVO. Hal ini menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut mempengaruhi faktor minat penggunaan OVO.
Â
Kata Kunci: e-wallet; OVO; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qeisi, Kholoud Ibrahim. (2009). Analyzing the Use of UTAUT Model in Explaining an Online Behaviour: Internet Bank-ing Adoption. Department of Marketing and Branding, Brunel University.
Ambaranie Nadia Kemala Movanita. (2018). Dalam Setahun, Pengguna OVO Melonjak 400 Persen, diakses 22 April 2019 dari http://www.amp.kompas.com/ekonomi/read/2018/12/20/153600326/dalam-setahun-pengguna-ovo-melonjak-400-persen/.
Indah Handayani. (2019). Pengguna OVO Sudah Capai 115 Juta, diakses 22 April 2019 dari www.investor.id/it-and-telecommunication/pengguna-ovo-sudah-capai-115-juta/.
Nur Diana. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money di Indonesia. Skripsi, Program Studi Akuntansi. Universitas Islam Indonesia.
Oye, N. D., N. A.Iahad dan N. Ab.Rahim. (2014). The history of UTAUT model and its impact on ICT acceptance and usage by academicians. Educ Inf Technol (2014) 19:251–270 DOI 10.1007/s10639-012-9189-9.
Peraturan Bank Indonesia Nomor: 16/ 8 /PBI/2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor: 11/12/PBI/2009 Tentang Uang Elektronik (Electronic Money).
Peraturan Bank Indonesia Nomor: 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.
Priyatno, Duwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Mediakom.
PT Visionet Internasional. (2017). FAQ, diakses 22 April 2019 dari www.ovo.id/faq
Ramdhani, Al Bachri, Indira Rachmawati & Fajar Sidiq Adi Prabowo. (2017). Pengaruh Adopsi Teknologi Layanan Uang Elektronik Telkomsel Cash Menggunakan Pendekatan UTAUT2, (hal. 53-61). Jakarta: Universitas Telkom
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Venkatesh, V., Thong, J. Y., & Xin, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology. MIS Quarterly.
Venkatesh, Viswanath., Morris, Michael G., Davis, Gordon B., dan Davis, Fred D. 2003. User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View1. MIS Quarterly, 27 (3).
Vivin Dian Devita. (2019). Siapa Aplikasi E-wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia? diakses 30 April 2020 dari www.iprice.co.id/ trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/
DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v6i1.1542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonomi Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.