PENGARUH LOKASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE CAR-FREE DAY KARANGPAWITAN (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG)

Arya Ananda, Mohamad Nur Husein Zailani, Ajat Sudrajat

Abstract


This study aims to determine, explain, and analyze the influence of location and motivation variables on the decision to visit the Karangpawitan Car-free Day among the students of the University of Singaperbangsa Karawang. This research was conducted using descriptive and verification methods. The sample in this study were 100 students of the Singaperbangsa Karawang University who had previously visited the Karangpawitan Car-free Day. The data collection technique used in this study was distributing questionnaires. Data analysis used in this study included correlation analysis, multiple linear regression analysis, and scale range analysis. The results of this study at the 5% significance level are, (1) location has no positive and significant effect on the decision to visit Karangpawitan Car-free Day, (2) motivation has a positive and significant effect on the decision to visit Karangpawitan Car-free Day, (3) Location and motivation simultaneously have a positive and significant effect of 0.575. This means that the location and motivation variables contributed 57.5% to the decision to visit Karangpawitan car-free day, and the remaining 42.5% was the contribution made by other variables not mentioned in this study.

Keyword : location, motivation, visit decision


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis pengaruh dari variabel lokasi dan motivasi terhadap keputusan berkunjung ke Car-free Day Karangpawitan pada mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deksriptif dan verifikatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang yang sebelumnya pernah mengunjungi Car-free Day Karangpawitan sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran angket kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, dan analisis rentang skala. Hasil penelitian ini dalam taraf signifikansi 5% adalah, (1) Lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Car-free Day Karangpawitan, (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Car-free Day Karangpawitan, (3) Lokasi dan motivasi secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,575. Artinya, variabel lokasi dan motivasi memiliki kontribusi sebesar 57,5% terhadap keputusan berkunjung ke Car-free Day karangpawitan, dan sisa 42,5% lainnya merupakan kontribusi yang diberikan oleh variabel-variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: lokasi, motivasi, keputusan berkunjung


Keywords


location; motivation; visit decision; lokasi; motivasi; keputusan berkunjung

Full Text:

PDF

References


Adawiah, H. Rabiatul. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengendalian Intern Pembelian Bahan Baku terhadap Efektivitas Persediaan Bahan Baku Pada PT. Ipha Laboratories. Jurnal Akuntansi, Audit, dan Sistem Informasi Akuntansi Vol. 2 Nomor 18

Arfani. (2019). Untuk Warga Sehat & Kurangi Polusi, CFD Karawang Rutin Dua Lokasi. Diakses 5 November 2020, dari https://www.infocarfreeday.net/2019/12/23/untuk-warga-sehat-kurangi-polusi-cfd-karawang-rutin-dua-lokasi/

Firmansyah, M. Anang. (2018). “Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaranâ€. Sleman: CV Budi Utama.

Hasibuan, Malayu S. P. (2011). MANAJEMEN: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Horst Köhler. (2002). Globalization: A Framework for IMF Involvement. Diakses 4 November 2020, dari https://www.imf.org/external/np/exr/ib/2002/031502.htm

Iskandar, Dede Nur, & Sumiyati. (2019). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Grand Mutiara Village Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol. 3 Nomor 3 http://dx.doi.org/10.22441/Indikator.2019.v3i3.004

Kinicki, Angelo, & Bryan K. Williams. (2019). Management: A Practical Introduction 9 ed.â€. New York: McGraw-Hill Education

Kotler, Philip, & Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management. Edisi 15. England: Pearson Education Limited

Muksin, D.R. Maulidiya, & Sunarti. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Ekowisata Mangrove Wonoerjo Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 55 Nomor 1.

Nendissa, G. D. Joshua, & Achmadi, Rudhi. (2018). Pengaruh Lokasi dan Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung di alam Curug Gongseng Kuningan Jawa Barat. Jurnal Eduturisma, Vol. 3 Nomor 1

Nurhadi. (2014). Kesehatan Masyarakat di Era Globalisasi. Diakses 4 November 2020, dari https://www.uny.ac.id/berita/kesehatan-masyarakat-di-era-globalisasi

Putra, W. N. (2017). Hubungan Pola Makan, Aktivitas Fisik, dan Aktivitas Sedentari dengan Overweight di SMA Negeri 5 Surabaya. Jurnal FKM, Vol. 5 Nomor 3, 298 – 382. https://doi.org/10.20473/jbe.v5i3.2017

Rusdiana, H., dkk. (2014). Manajemen Operasiâ€. Bandung: CV Pustaka Setia

Sari, D., A.H.G Kusumah, & Sri Marhanah. (2018). Analisis Faktor Motivasi Wisatawan Muda dalam Mengunjungi Destinasi Wisata Minat Khusus. Jurnal Pariwisata Vol. 1 Nomor 2. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13762

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Umar, Husein. (2017). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wahyono. (2020). Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia. Diakses 5 November 2020, dari https://ekbis.sindonews.com/berita/1548361/34/sejumlah-kawasan-industri-besar-di-indonesia

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 4 Tahun 1996 tentang Program Langit Biru.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v7i2.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.