PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP CITRA MEREK MOTOR HONDA SCOOPY

Agi Rosyadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan televisi dan celebrity endorser terhadap citra merek motor Honda Scoopy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan televisi dan celebrity endorser secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap citra merek Honda Scoopy. Disarankan kepada perusahaan untuk membuat iklan yang lebih menjelaskan detail produk dan memberikan product knowledge sehingga mutu iklan akan lebih meningkat, juga menjelaskan detail produk dan memberikan product knowledge kepada celebrity endorser mereka sehingga mereka dapat lebih merepresentasikan produk yang mereka bawakan, dan membuat inovasi pada Honda Scoopy sehingga produk tersebut dapat lebih sesuai dengan target market perusahaan.

Keywords


Iklan Televisi; Celebrity Endorser; Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 1996. Building Strong Brands. New York: The McGraw-Hill Companies Inc., Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Arif Rahman. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix For Small Business: Cara Jitu Merontokan Pesaing. Jakarta: Trans Media.

Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Liberty.

Edy Chandra. Menentukan Kriteria Iklan Yang Baik. e-chandra.blogspot.com. 27 November 2008.

Handi Chandra. 2008. Marketing Untuk Orang Awam. Palembang: Maxilon.

Harun Al Rasyid. 1994. Metode penelitian, cetakan pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Husein Umar. 2002. Metode Riset Bisnis, edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Iqbal Hasan. 2002. Pokok – pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Knapp, Duane E. 2000. The Brand Mindset. English: The McGraw – Hill Companies Inc., Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Kotler. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi 12. Jilid I,II. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Mahmud Machfoedz. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi. 2003. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurahman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.

Shrimp, Terrence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke – 5 Jilid 1. Revyani Sahrial; Dyah Anikasari. Jakarta: Erlangga.

Sudjana. 2000. Statistik untuk Ekonomi dan Niaga, Jilid II. Bandung: Taritu.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis, edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v1i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.