PENGARUH DESAIN PRODUK, BENTUK KEMASAN DAN BAHAN KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS TEH HIJAU SERBUK TOCHA)

Alfin NF Mufreni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain produk, bentuk kemasan dan bahan (material) kemasan terhadap minat beli konsumen. Sampel dari penelitian ini adalah konsumen pembeli produk teh hijau serbuk merk Tocha, Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan jumlah sample 100 orang responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa desain produk, bentuk kemasan dan bahan (material) kemasan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemasan Tocha mampu meningkatkan minat pembelian konsumen.

Keywords


desain produk; bentuk kemasan; bahan (material) kemasan; minat beli konsumen

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, 2003.

Kotler, Philip Gary Armstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Yulindo Kenshi, 2012. “Pengaruh Atribut-Atribut produk Terhadap keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar Di Kota Padangâ€. Jurnal nasional.

Klimchuk, Marrianne Rosner and Krasovec Sandra A. 2007. Desain Kemasan Erlangga. Jakarta

Imam, Ghozali, (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Tjiptono, Fandy, (2001), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi, Edisi Ketiga, Cetakan Kesatu.

Abhilasha Pathak, The cognitive power of product Packaging, IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 16, Issue 7. Ver. II (July. 2014), PP 61-64

Christine Suharto Cenadi, Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran, NIRMANA Vol. 2, No. 1, Januari 2000: 92 – 103.

Davoud Feiz, Azim Zarei, Bijan Rezaei, Effect of Packaging on Purchase Intention of Consumer (Case Dtudy: Date Products in Shiraz), Arth Prabhand: A Journal of Economics and Management, Vol. 3 Issue 11 November 2014, ISSN 2278-0629, pp. 236-246(Special Issue on Basic and Applied Sciences).

Marjan Abbasi, The Effect of Packaging Factors on Customer Purchase Intention with Cognitive - Perceptual Approach (Case Study: Manufacturing - Commerce Firms at Industrial City Of Abbas Abad of Tehran), International journal of humanities and cultural studies.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.