STUDI DETERMINASI KECERDASAN EMOSI, KEPUASAN KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR

Indi Ramadhani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginvestigasi pengaruh kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behaviour di Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan depth interview. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 72 pegawai Sekretariat Daerah kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap organizational citizenship behaviour. Oleh karena itu, instansi diharapkan untuk meningkatkan kecerdasan emosi pegawai dari sisi empati agar dapat meningkatkan intensitas komunikasi antar rekan kerja dan atasan dan lebih meningkatkan sense of belonging pegawai dengan cara meningkatkan program benefit and service.

Keywords


kecerdasan emosi; kepuasan kerja; komitmen organisasi; organizational citizenship behaviour

Full Text:

PDF

References


Aldag, Ray., Reschke, Wayne. (1997). Employee Value Added. New York: Center for Organizational Effectiveness.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Daripada IQ, Alih Bahasa: T. Hermay. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gima Sugiama. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Cetakan Pertama. Bandung: Guardaya Intimarta.

Husein Umar. (2002). Metode Riset Bisnis. Edisi pertama. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ivancevich et.al. (2011). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Edisi Ketujuh. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Malayu S.P Hasibuan. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Podsakoff, P.M., MacKenzie, S.B., Paine, J.B., dan Bachrach, D.G. (2000). Organizational Citizenship Behavior: a Critical Review of Theoretical Empirical Literature and Suggestions for Future Researchâ€. Journal of Management.

Robbins dan Judge. (2008). Perilaku Organisasi, Buku 1, Cet. 12. Jakarta: Salemba Empat.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: ANDI.

Srisinto. (2015). Tinjauan Kasus Budaya Kerja Organisasi Pemerintah Menilik Budaya Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), diakses 1 Desember 2016, dari http://pusdiklat.bps.go.id/index.php?r=artikel/view&id=329

Sugiyono. (2003). Statistik Untuk Penelitian, cetakan ketiga, Bandung: Alfabeta.

Tang, L.T., dan Ibrahim. (1998). Antecedents of Organizational Citizenship Behavior Revisited: Public Personel in The United States and in The Middle East. Public Personnel Management, Vol. 27.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v3i1.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.