PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP MINAT BELI PENUMPANG BUS DAMRI UNIT ANGKUTAN KOTA BANDUNG

Wulan Yuliana, Eva Febriyani

Abstract


The development of increasingly diverse public transport modes, with technology that rapidly growing, bring forth online basis transport system in order to provide convenience to the user. The traffic congestion in Bandung city is keep on increase, at least there is 1,25 million a day vehicles passing by on the road. One of the factor that determine a company success is the ability to provide excellent customer service. Decision on pricing also important to determine how far a service valued by customer. This research aimed to find out service quality and tariff on buying interest the passenger of DAMRI bus, Bandung city unit. The method used quantitative with survey approach. Method of collecting data, had been distributed questionnaires to 100 respondents. The data analysis using multiple regression which is showed that service quality’s score is 0,100 and 0,638 for tariff. The results indicated that both of service quality and tariff significantly influences toward buying interest. This research could help Perum DAMRI to arrage its strategy for increase buying interest society.

Keywords:Service Quality, Tariff, Buying Interest.

 

Perkembangan moda transportasi publik yang semakin beraneka ragam diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan sistem transportasi berbasis onlineguna memberikan kemudahan dalam menggunakan transportasi umum. Saat ini tingkat kemacetan kota Bandung semakin meningkat, setidaknya ada sekitar 1,25 juta kendaraan bermotor yang lalu lalang setiap harinya. Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Keputusan penentuan harga juga sedemikian penting dalam menentukan seberapa jauh sebuah layanan/jasa dinilai oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan tarif terhadap minat beli penumpang bus DAMRI unit angkutan kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode pengumpulan data, telah disebarkan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda yang mana diketahui kualitas pelayanan mendapat skor 0.100 dan tarif 0,638. Hasil analisis mengidentifikasikan bahwa kualitas pelayanan dan tarif sama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Penelitian ini bisa membantu Perum DAMRI dalam mengatur strategi untuk meningkatkan minat beli masyarakat.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tarif, Minat Beli.

Keywords


Service Quality, Tariff, Buying Interest

Full Text:

PDF

References


Amaliya. 2016. Bus Damri Tiba Lima Menit Sekali. Diambil dari: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/06/10/bus-damri-tiba-lima-menit-sekali-371388. (10 Juni 2016).

Aptaguna dan Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. ISSN:2337-7313. Tangerang Selatan: Jurnal Ilmiah Kursor Vol. 3, Maret 2016: 49-56. Diambil dari: http://p2m.upj.ac.id/userfiles/files/WIDYAKALA%20VOL%203%20pp%2049-56%20(Aptaguna_Oka).pdf. (31 Mei 2017).

Dewi, Chandra dan Nuryati. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Boga-Bogi Surakarta. ISSN:2337-5213. Surakarta: Jurnal Ilmiah Kursor Vol. 1, No. 2 Sepetember 2014: 53-64. Diambil dari: https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/informatika/article/download/47/48. (09 Mei 2017).

Divisi DetikNews. 2015. Ini Wujud Bus Damri di Bandung yang Dilengkapi Koneksi Internet dan GPS. Diambil dari:https://m.detik.com/news/jawabarat/2853350/ini-wujud-bus-damri-di-bandung-yang-dilengkapi-koneksi-internet-dan-gps. (09 Maret 2015).

Fajar, Jay. 2017. Inikah Transportasi Solusi Kemacetan di Bandung. Diambil dari: http://www.mongabay.co.id/2017/04/19/inikah-transportasi-solusi-kemacetan-di-bandung/. (19 April 2017).

Iqbal, Dony. 2016. Perbincangan Tentang Kemacetan Kota Bandung Apa Solusinya. Diambil dari: http://www.mongabay.co.id/2016/12/06/perbincangan-tentang-kemacetan-kota-bandung-apa-solusinya/. (06 Desember 2016)

Kolopita, Dani Advincent dan Agus Supandi Soegoto. 2015. Analisis Atribut Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Suzuki Ertiga Di Kota Manado. ISSN: 2303-1174. Manado: Jurnal Kursor Vol. 3 No.2, Juni 2016: 12-24. Diambil dari: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/8351/7922. (31 Mei 2016)

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M.N. 2010. Manajemen Transportasi Edisi 3. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahman, Wahyudi. 2016. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah PT Adira Finace Luwuk. ISSN: 2302-41119. Luwuk Bangai: Jurnal Ilmiah Kursor Vol. 4, No. 1; Mei 2016: 65-77.

Rizky, Muhammad Fakhru dan Hanifa Yasin.2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT Nailah Adi Kurnia SEI Mencrim Medan. ISSN:1693-7619. Medan: Jurnal Ilmiah Kursos Vol 14, No. 2 Oktober 2014:135-143. Diambil dari: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/download/182/pdf_37. (09 Mei 2017)

Thoho. 2012. Ini Dia Sejarah Penemuan Bus. Diambil dari: https://www.google.co.id/amp/s/amp.kaskus.co.id/thread/00000000000000001664851/ini-dia-sejarah-penemuan-bus. (28 September 2012)

Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliansyah, Hendy. 2014. Perkembangan Pemasaran Reza Bakery dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Bandung: Jurnal Kursor Vol. 2 No. 2, September 2014: 211-221. Diambil dari: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/96/75.




DOI: https://doi.org/10.37058/jem.v4i1.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Manajemen by Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.