PERKEMBANGAN KOMUNIKASI POLITIK: REALITAS DALAM PEMILIHAN UMUM DI INDONESIA
Abstract
Abstrak
Secara keseluruhan, artikel ini mencoba menjelaskan evolusi dan perkembangan studi komunikasi politik di Indonesia dan di seluruh dunia. Gambaran tersebut menunjukkan betapa pentingnya interaksi antara politik dan media. Ini terutama dapat dilihat dari icon populer komunikasi politik yang terus ada, penelitian tentang pengaruh media terhadap sikap, opini, dan keyakinan orang tentang proses politik yang dianggap sebagai kompetisi antara kelompok kepentingan terhadap sumber daya yang terbatas, terutama kekuasaan dan legitimasi. Ini terutama dapat dilihat selama masa kampanye pemilu. Dalam mempertimbangkan prospek masa depan bidang ini, para pakar komunikasi politik global kemudian mulai mengingatkan pentingnya studi tentang politik komunikasi, khususnya hak warga negara untuk menjadi pengelola informasi yang aktif dan independen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan yang berbasis pada berbagai jurnal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan salah satu prinsip penting dalam politik komunikasi adalah variasi jenis media, keterbukaan dan keberagaman kepemilikan media, dan keanekaragaman isi media. Khususnya, Indonesia telah mengalami masalah dengan politik komunikasi ini lebih awal daripada negara lain, terutama mengenai penindasan akses dan kebebasan pers oleh para penguasa melalui berbagai mekanisme sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, terdapat perubahan penggunaan komunikasi politik dalam pemilihan umum sebagai bagian penting dalam memenangkan kontestasi politikKeywords
References
Johanneh, U., & Gomez, I.(2001). Democratic Transition in Asia. Singapore: Select Publishing Co. Ltd.
Adnan, M., & Mona, N. (2024). Strategi Komunikasi Politik melalui Media Sosial oleh Calon Presiden Indonesia 2024. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 15(1), 1-20.
Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2020). Dampak post-truth di media sosial. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 376-378.
Bagdikian, B. H. (7997). The Media Monopoly. Boston: Beacon Press.
Basorie, w. D. (2001). 'Free but Still in the Dark. Dalam S. S. Coronel (Ed.), The Right to Know: Access to lnformation in Southeast Asia (pp. 6a-95). Quezon City: PCIJ & SEAPA.
Bennett, W. L., & Iyengar, S. (2008). A new era of minimal effects? The changing foundations of political communication. Journal of communication, 58(4), 707-731.
Bentley, A. (1967).The Process of Gouernment. Cambridge, MA: Belknap.
Berelson, B. (1951;. 'the state of Communication Research.' Public Opinion Quarterly, 53, 1,-17.
Boorstin, D.I. 0962).'The Image: or What Happended to the American Dream. New York: Atheneum.
Cantril, H., & Allport, G.w. (1935). The Psychology of Radio. New York: Harper & Row.
Chaffee, S. (2001.). 'studying the New Communication of politics.' Political Communication,lS (2), ZgT-244.
Chaffee, S., & Hochheimer, I. L. (1985). 'The Beginnings of political Communication Research in the United States: Origins of the "Limited Effects" Model. Dalam E. M. Rogers & F. Balle (Eds.), The Media Reaolution in America and western Europe (pp.60-95). Nonryood, NJ: Ablex.
Comer, J & Pels, D. (2003). The Re-styling of Politics. London: Sage.
Daeni, F. I. M., Rachmarani, F. A., & Rhiza, I. (2023). Pengaruh Buzzer Politik Dalam Pemilu: Tantangan Terhadap Electoral Justice Dalam Mempertahankan Prinsip Demokrasi. Padjadjaran Law Review, 11(2), 183-200.
Dahl, R. (1956). A Preface to Democratic Theory. Chicago: University of Chicago Press.
Dahlan, M. A. (1990). 'Perkembangan Komunikasi Politik sebagai Bidang Kajian.' Jurnal IImu Politik 5, 3-79.
Damayanti, N., & Hamzah, R. E. (2017). Strategi Kampanye Politik Pasangan Jokowi-Jk Pada Politik Pemilihan Presiden 2014. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 279-290.
Delia, J. (1987). 'Communication Research: A History. Dalam C. R. Berger & S. Chaffee (Eds.), Handbook of Communication Science (pp.2F98). Newbury Park, CA: Sage.
Denton R. E., & Woodward, G. (1998).The Symbolic Dimensions of the American Presidency; Description and Analysis. Prospect Heigths, IL: Waveland Press.
d'Haenens, L., Gazali, E., & Verelst, C. (1999). 'Indonesian Television News-making Before and After Suharto.' Gazette 6L(2), L27-52.
d'Haenens, L., Verelst C., & Gazal| E. (2000), 'In Search of Qualify Measures for News Programming on Indonesian Television: If the Programme Makers had Their Say.' Dalam D. French & M. Richards (Eds.), Contemporary Teleaision: Eastern Perspectiaes (pp. 197-232). Second Edition. New Delhi: Sage.
Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, U., & Gunanto, D. (2022). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 53-66.
Fahlevi, R. (2022). Kampanye Capres dan Cawapres Pada Pemilu 2019: Efektivitas Penggunaan Buzzer di Media Sosial. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(1).
Fiske, J. (1996). Media Matters: Eaeryday Culture and Political Change (revised edition). Minneapolis: University of Minnessota Press.
Gazal| E. (2003). 'Negotiating Public & Community Media in Post-Soeharto Indonesia. laanost, The Public, lournal of the European lnstitute for Communication and Culture, 1-0 (1), 85-100
Gazal| E. (Ed.) (2002b). Penyiaran Alternatif Tapi Mutlak: Sebuah Acuan tentang Penyiaran Publik Komunitas. |akarta: ]urusan Ilmu Komunikasi FISIP UI.
Gazal| E., d'Haenens, L., Hollander, 8., Menayan& V., & Hidayat, D. N. (2003b). 'Establishing a Middle Ground for Public and Community Broadcasting in lndonesia: An Action Research Project.' Communications, 28, 475-492
Gazal| E., Menayang, V., Hidayat, D.N., & Tiiputra P. (Eds.) (2003a). Konstruksi Sosial Industri Penyiaran. Jakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI.
Gazali, E. (2002a). 'soeharto's Fall Through the Eyes of Local Media.' Gazette, 64 (2), 727-740.
Gazali, E., & Menayang, V. (2002). 'Public & Community Broadcasting in Indonesia: A Necessary Altemative.' Makalah disajikan pada the International Institute for Asian Studies (IIAS) Workshop on "Globalizing media and local society in Indonesia," Leiden, the Netherlands.
Ghazali, E. (2004). Interaksi politik dan media: dari komunikasi politik ke politik komunikasi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 53-74.
Gitlin, T. (1980). The rNhole Word is Watching: Mass Media in the Making and Unmaking of the Neut Left. Berkley: Universig of California Press.
Habermas, J. (1993). The Structural Transformation of the Public Sphere: An Inquiry into Category of Bourgeois Society. Cambridge, MA: The MIT Press.
Habermas, J. Q996). Moral Consciousness and Communicatiue Action. Cambridge, MA: The MIT Press.
Halberstam, D. (7979). The Powers that Be. New York: Alfred A. Knopf.
Hart, R., & Shaw, D. (Eds.). (2001) . Communication in U.S. Elections: New Agendas. Lanham, MD: Rowman & Littlefield.
Hartley, I. Q992). The Politicat of Picturesi The Creation of the Public in the Age of Popular Media. London: Routledgu.
Haryati, H. (2013). Pencitraan Tokoh Politik Menjelang Pemilu 2014. Observasi, 11(2).
Hasan, K. (2009). Komunikasi politik dan pecitraan (analisis teoritis pencitraan politik di Indonesia). Jurnal Online Dinamika fisip Unbara Palembang, volume 2 Nomor 4.
Herpamudji, D. H. (2015). Strategi kampanye politik Prabowo-Hatta dan perang pencitraan di media massa dalam Pemilu Presiden 2014. Politika, 6(1), 13-24.
Hidayat D. N., Gazal| E., Suwardi, H., & S. K. Ishadi (Eds.) (2000). Pers dalam Reoolusi Mei: Runtuhnya sebuah Hegemoni. 'jakarta; Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, D. N. (2002).'Don't Worry, Clinton is Megawati's Brother: The Mass Media, Rumours, Economic Structural Transformation and Delegitimazation of Suharto's New Order. Gazette, 64 (2), 109-119.
Jakubowicz, K. (1993). 'Stuck in a Groove: A/hy the 1960s Approach to Communication Democratization will no Longer Do?' Dalam S. Splichal and J. Wasko (Eds.), Communication and Democracy (33-54). Norwood, New |ersey: Ablex Publishing Corporation.
Jamiesoh, K. H. (2001). Eaerything You Think You Knout about Politics and IMy You Are Wrong. New York: Basic Books.
Lasswell, H. D. (1,927). Propaganda Technique in the World War. New York: Knopf.
Lippman, W. (1922). Public Opinion New York: Harcourt Brace Jovanovich.
McQuail, D. (1994). Mass Communication Theory: An Introduction (3d ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
McQuail, D. (2003). Media Accountability and Freedom of Publication. Oxford: Oxford University Press.
MeNair, B., Muttaqien, I., & Rizal, M. (2021). KOMUNIKASI POLITIK; Pengiklanan dan Kehumasan Politik: Seri Pengantar Komunikasi Politik. Nusamedia.
Miller, T. (1998). kchnologtes of Truth: Cultural Citizanship and the Popular Media. Minneapolis: University' of Minnesota Pers.
Mutz, D. C. (2001). 'The Future of Political Communication Research: Reflections on the Occasion of Steve Chaffee's Retirement from Stanford University.' Political Communication, 18 (2), 231,-236.
Nomor, F., Pidada, I. B. A., & Adnantara, K. F. A. (2024). Penegakan Hukum Terhadap Penyalahgunaan Sosial Media dalam Membangun Opini Publik pada Pemilu 2024. Jembatan Hukum: Kajian ilmu Hukum, Sosial dan Administrasi Negara, 1(3), 308-326.
Perdana, A., & Wildianti, D. (2018). Narasi Kampanye dan Media Sosial dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Jurnal Bawaslu DKI, 21-39.
Ramadlan, M. F. S. (2022). Politik media, media politik: Pers, rezim, dan kemunduran demokrasi. Universitas Brawijaya Press.
Ryfe, D. M. (2001). 'History and Political Communication: An Introduction.'Political Communication, 18 (4), 407-420.
Schmuhl,.S. (1992). Stagecraft and Stagecraft: American Political Life in the Age of Personality.Indiana: Universig of Notre Dame Press.
Smith, E.C. (1983). Pembredelan Pers di Indonesia. Jakarta: Grafiti Press
Smythe, D. W., & Dinh, T. V. (1983). On Critical and Administrative Research: A New Critical Analysis. lournal of Communication, 717-727.
Stuckey, M. (Ed.). (1996). Tlu Theory and Practice of Political Communication Research. Albany: State Universif of New York Press.
Surjomihardjo, A. & Tim (Eds.) 2002). Beberapa Segi Perkembangan Sejarah Pers di Indonesia. ]akarta: Kompas.
Surjomihardjo, A. (Ed.) (1980). Beberapa Segi Perkembangan Pers di Indonesia. Jakarta: Information Development Research Project Information Department |akarta.
Swanson, D., & Nimmo, D. (Eds). (1990). New Directions in Political Communication Research: A Resource Book. Newbury Park, CA: Sage.
Tanti, D. S. (2014). Rakyat Dalam Bingkai Budaya Politik Kontemporer. Jurnal Visi Komunikasi Volume, 13(02), 185-199.
Truman, D. (1962). The Goaernment Process: Political lnterests and Public Opinion. New York: Knopf
DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v11i1.12836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Faisal Fadilla Noorikhsan, Hilal Ramdhani, Belda Hawariyyin Adikthiayhasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats