Rasionalitas Masyarakat Memilih Calon Bupati Milenial di Kalangan Sesepuh Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

Prastu Heri Wibowo, Agus Mahfud Fauzi

Abstract


Demokrasi di Indonesia mengalami dinamika yang cukup signifikan. Pilkada sebagai pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia mengalami perubahan orientasi. Pentas politik daerah mengalami perubahan yaitu pergeseran orientasi kepemimpinan dari usia tua menjadi usia muda. Kabupaten Trenggalek mengalami perubahan yaitu dengan naiknya calon bupati berusia muda sebagai representasi kaum milenial. Penelitian berusaha mengungkap tentang pilihan rasional pemilih pemula di Kabupaten Trenggalek tentang pilkada Kabupaten Trenggalek. Penelitian menggunakan teori tindakan rasional Max Weber. Pemilihan teori pilihan rasional dari Max Weber adalah kecocokan dengan realitas yang terjadi di Pilkada Kabupaten Trenggalek. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus merupakan pemfokusan penelitian pada objek studi tertentu. Penelitian dilakukan di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh lima infoman dengan kategori yang telah ditentukan. Penelitian dilakukan dibulan februari 2021 dengan durasi waktu 5 (lima) hari. Hasil penelitian menunjukkan perubahan preferensi pemilih di Kabupaten Trenggalek tentang calon bupati yang berusia muda adalah karena calon bupati muda lebih bersifat visioner. Selain itu, informan mempertahankan suara pada petahana karena prestasi dan kinerja yang membanggakan Kabupaten Trenggalek. Kesimpulan dari penelitian adalah pilihan rasional masyarakat berkaitan dengan figur dan prestasi dari petahana yang membawa baik nama Kabupaten Trenggalek.


References


Geertz, Clifford. 2014. AGAMA JAWA: ABANGAN, SANTRI, PRIYAYI Dalam Kebudayaan Jawa. Depok: Komunitas Bambu.

Goodman, George Ritzer dan Douglas J. 2011. “Teori Sosiologi.†P. 403 in, edited by Inyiak Ridwan Muzir. Bantul: Kreasi Wacana.

Mathews, David. 2014. Ekologi Demokrasi. Jakarta: PARA Syndicate (Lembaga Kajian Kebijakan).

Timothy D. Sisk. 2002. Demokrasi Di Tingkat Lokal. Jakarta: Ameepro.

Trenggalek, BPS Kabupaten. 2020. Kabupaten Treggalek Dalam Angka 2020. Trenggalek: BPS Kabupaten Trenggalek.

Creswell, John W. 2009. “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.†296.

Walidin, Warul, Saifullah, and Tabrani. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Grounded Theory. Vol. 66. Kesatu. edited by Masbur. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Gunung Kidul: Pustaka Ilmu.

Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Kesatu. edited by Ayup. Sleman: Literasi Media Publishing.




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v7i1.2938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prastu Heri Wibowo



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats