Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui Brigade Siaga Bencana Di Kabupaten Bantaeng

Hamrun Hamrun, Nurul Khamisah Rahim, Ahmad Taufik

Abstract


Tujuan penelitian ini dalam rangka untuk untuk mengeksplorasi peranan Bappeda Kabupaten Malang saat masa Musrenbang di tingkat Kecamatan Kepanjen. Seperti yang khalayak ketahui, dalam tugas dan fungsinya, Bappeda dituntut untuk berperan secara aktif, efektif, dan efisien dalam membentuk kerangka pembangunan di daerah yang kuat  untuk dapat mewujudkan keberhasilan pembangunan. Maka dapat dikatakan peran Bappeda sangat strategis dalam  hal menentukan arah kebijakan pemerintah daerah dalam bidang perencanaan pembangunan sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Oleh karenanya, peranan ini sangat penting karena Musrenbang merupakan forum publik, banyak pemangku kepentingan berkumpul untuk menyusun rencana pembangunan di daerahnya. Pemangku kepentingan adalah pihak langsung atau tidak langsung yang mendapatkan manfaat dampak dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan diantaranya yaitu Perangkat Daerah, Pemerintah Desa/Kelurahan, perwakilan dari organisasi masyarakat, anggota DPRD, dan pemangku kepentingan lainnya.


Keywords


Inovasi; Pelayanan Kesehatan; Brigade Siaga Bencana

References


Anggraeny, C. (2013). Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1, 85–93.

Febrian, R. A. (n.d.). Inovasi Daerah Dari Prespektif Regulasi, Konseptual, dan Emperis (Tinjauan Terhadap Pasal 386 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah). Kajian Pemerintahan, 4.

Hafizh, D. A. (2016). INOVASI PELAYANAN PUBLIK Studi Deskriptif tentang Penerapan Layanan e-Health dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya. 4.

Hardi, R., & Gohwong, S. (2020). E-Government Based Urban Governance on the Smart City Program in Makassar, Indonesia. Journal of Contemporary Governance and Public Policy, 1(1), 12-17.

Khaerah, N., Harakan, A., & Junaedi, J. (2019). Call Centre Brigade Siaga Bencana Sebagai Strategi Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Bantaeng. Jurnal Dinamika Pemerintahan, 2(1), 51-64.

Mahsyar, A. (2016). Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Prespektif Administrasi Publik. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 21–27. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/Otoritas/article/viewFile/22/20

Prawira, M. A., Noor, I., Nurani, F., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2008). Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta. Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 715–721.

Putra, A., Usman, J., & Abdi. (2017). Inovasi Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Berbasis Home Care di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 3.

Ridwan, I., & Saftarina, F. (2015). Pelayanan Fasilitas Kesehatan: Faktor Kepuasan dan Loyalitas Pasien. Jurnal Majority, 4(9), 20–26. Retrieved from http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1403

Sunandar, U., & ’ S. (2018). Pengaruh Karakteristik Kepemimpinan Dan Inovasi Produklayanan Kesehatan Terhadap Kinerja Perusahaanuntuk Mencapai Keunggulan Bersaing Padarumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/view/3736

Tahir, M. M., & Harakan, A. (2017). Inovasi Program Kesehatan 24 Jam Dalam Mewujudkan Good Health Care Governance di Kabupaten Bantaeng. JURNAL MUQODDIMAH: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummaniora, 2(1), 13-22.




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v6i1.2200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hamrun Hamrun, Nurul Khamisah Rahim, Ahmad Taufik



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats