Studi Pemetaan dan Pemecahan Masalah dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Institusi Pendidikan di Kota Tasikmalaya
Abstract
kota yang dilabeli “Kota Santri†ternyata masih ada perilaku siswa yang melakukan tindakan negatif. Oleh karena itu, etika, moralitas, dan nilai-nilai agama dan Pancasila, sebagai filosofi dan nilai-nilai yang luhur pada bangsa Indonesia harus ditingkatkan kembali. Penanganan serius dari institusi pendidikan, menggalakan penyampaian pendidikan karakter yang terintegrasi pada semua mata pelajaran dan guru di sekolah. Pemberian pendidikan karakter ini harus dipetakan kembali dan mencari pemecahan solusi yang tepat dan terarah oleh institusi pendidikan maupun pemerintah. Pendidikan karakter ini harus dilakukan secara berkelanjutan, terintegrasi dan serius pada proses belajar mengajar di kelas. Pendidikan di Kota Tasikmalaya diharapkan fokus pada penguatan pendidikan karakter yang memiliki daya untuk mengubah perilaku siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Denzin, Norman dan Yvoanna S. Lincoln. (2009) Handbook of Qualitatif
Reseserch (eds). Diterjemahkan oleh Dariyatno, dkk. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
Freire, Paulo. (2007) Politik Pendidikan, Kabudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayatullah, M.Furqon. (2010) Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta : Yuma Pustaka.
Islamy, Irfan. (1984) Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara.
Jakarta: Bumi Aksara.
Kusmayadi, Edi. 2012. Otonomi Daerah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Otonomi Daerah
Pendidikan Karakter Bangsa yang dipublikasikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Kaelan. (2010) Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
Mulyana, Yoyo dkk. (2011) Pendidikan Karakter Di Sekolah dari Gagasan
ke Tindakan. Seri Pendidikan Karakter Yayasan Jati Diri Bangsa. Jakarta: Penerbit PT. Elex MediaKomputindo.
Mulyana. (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Mulyana, Deden. (2012) Manajemen Otonomi Daerah Dalam Perspektif Pembangunan Karakter Bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Otonomi Daerah Pendidikan Karakter Bangsa yang dipublikasikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Musfiroh, Tadzkiroatun. (2008) Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita
Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Noor, Isran. (2012) Otonomi Daerah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter
Bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Otonomi Daerah Pendidikan
Karakter Bangsa yang dipublikasikan Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Sirozi, M. (2005) Politik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudaryanto. (2007) Filsafat Politik Pancasila (Refleksi Atas Teks Perumusan
Pancasila.Yogyakarta : KEPEL Press
Rachman, Maman. (2000) Reposisi, Reevaluasi, dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun
Ke-7.
Rifai, Muhammad. (2011) Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta : Penerbit Ar Ruzz Media.
Ramli, T (2003) Pendidikan Moral dalam Keluarga. Jakarta : Grasindo.
Putra, Fadillah. (2001) Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik: Perubahan dan Inovasi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi Masyarakat
dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Winarno, Budi. (2002) Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta :
Media Pressido.
Wahab, A Solichin. (1997) Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanan Negara. Jakarta :Bumi Aksara
Musrida, Irvan Jaya. (2013) Permasalahan Pendidikan di Indonesia Beserta
Solusinya. Van88.wordpress.com (internet). Tersedia dalam
van88.wordpress.com/makalahpermasalahan-pendidikan-di-indonesia>
(diakses 10 Agustus 2014)
Nisa, Janatan. (2014) Pendidikan Karakter : Peran Sekolah dan Keluarga. Kompasiana.com (internet). Tersedia dalam
post/read/675860/2/pendidikankarakter-peran-sekolah-dan-keluarga.html>
(diakses pada 4 November 2014)
Wibowo, Timoty. (2013) Mewujudkan Pendidikan Karakter Yang Berkualitas.
www.pendidikankarakter.com (internet). Tersedia dalam (diakses pada 4 November 2014).
Depdiknas, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun
, Sistem Pendidikan Nasional, diakses pada www.depdiknas.go.id,
(diakses pada 17 September 2012)
DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v2i1.2292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Moh. Ali Andrias, Akhmad Satori
View My Stats