Studi Pemetaan dan Pemecahan Masalah dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Institusi Pendidikan di Kota Tasikmalaya

Moh. Ali Andrias, Akhmad Satori

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas mengenai implementasi  pendidikan karakter pada institusi pendidikan di tingkat SMP, SMA dan Sederajat di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini berupaya meminimalisir, bahkan diupayakan mampu menghilangkan masalah yang selalu terjadi pada siswa di sekolah seperti tawuran, aksi geng motor, bullying, narkoba, dan pelecehan seksual. Permasalahan di
kota yang dilabeli “Kota Santri†ternyata masih ada perilaku siswa yang melakukan tindakan negatif. Oleh karena itu, etika, moralitas, dan nilai-nilai agama dan Pancasila, sebagai filosofi dan nilai-nilai yang luhur pada bangsa Indonesia harus ditingkatkan kembali. Penanganan serius dari institusi pendidikan, menggalakan penyampaian pendidikan karakter yang terintegrasi pada semua mata pelajaran dan guru di sekolah. Pemberian pendidikan karakter ini harus dipetakan kembali dan mencari pemecahan solusi yang tepat dan terarah oleh institusi pendidikan maupun pemerintah. Pendidikan karakter ini harus dilakukan secara berkelanjutan, terintegrasi dan serius pada proses belajar mengajar di kelas. Pendidikan di Kota Tasikmalaya diharapkan fokus pada penguatan pendidikan karakter yang memiliki daya untuk mengubah perilaku siswa.

Keywords


Pendidikan Karakter; Berkelanjutan; Perilaku Siswa;

References


Denzin, Norman dan Yvoanna S. Lincoln. (2009) Handbook of Qualitatif

Reseserch (eds). Diterjemahkan oleh Dariyatno, dkk. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Freire, Paulo. (2007) Politik Pendidikan, Kabudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayatullah, M.Furqon. (2010) Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta : Yuma Pustaka.

Islamy, Irfan. (1984) Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara.

Jakarta: Bumi Aksara.

Kusmayadi, Edi. 2012. Otonomi Daerah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Otonomi Daerah

Pendidikan Karakter Bangsa yang dipublikasikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Kaelan. (2010) Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

Mulyana, Yoyo dkk. (2011) Pendidikan Karakter Di Sekolah dari Gagasan

ke Tindakan. Seri Pendidikan Karakter Yayasan Jati Diri Bangsa. Jakarta: Penerbit PT. Elex MediaKomputindo.

Mulyana. (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Mulyana, Deden. (2012) Manajemen Otonomi Daerah Dalam Perspektif Pembangunan Karakter Bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Otonomi Daerah Pendidikan Karakter Bangsa yang dipublikasikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Musfiroh, Tadzkiroatun. (2008) Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita

Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Noor, Isran. (2012) Otonomi Daerah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter

Bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Otonomi Daerah Pendidikan

Karakter Bangsa yang dipublikasikan Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Sirozi, M. (2005) Politik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudaryanto. (2007) Filsafat Politik Pancasila (Refleksi Atas Teks Perumusan

Pancasila.Yogyakarta : KEPEL Press

Rachman, Maman. (2000) Reposisi, Reevaluasi, dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun

Ke-7.

Rifai, Muhammad. (2011) Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta : Penerbit Ar Ruzz Media.

Ramli, T (2003) Pendidikan Moral dalam Keluarga. Jakarta : Grasindo.

Putra, Fadillah. (2001) Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik: Perubahan dan Inovasi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi Masyarakat

dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Winarno, Budi. (2002) Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta :

Media Pressido.

Wahab, A Solichin. (1997) Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanan Negara. Jakarta :Bumi Aksara

Musrida, Irvan Jaya. (2013) Permasalahan Pendidikan di Indonesia Beserta

Solusinya. Van88.wordpress.com (internet). Tersedia dalam

van88.wordpress.com/makalahpermasalahan-pendidikan-di-indonesia>

(diakses 10 Agustus 2014)

Nisa, Janatan. (2014) Pendidikan Karakter : Peran Sekolah dan Keluarga. Kompasiana.com (internet). Tersedia dalam

post/read/675860/2/pendidikankarakter-peran-sekolah-dan-keluarga.html>

(diakses pada 4 November 2014)

Wibowo, Timoty. (2013) Mewujudkan Pendidikan Karakter Yang Berkualitas.

www.pendidikankarakter.com (internet). Tersedia dalam (diakses pada 4 November 2014).

Depdiknas, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun

, Sistem Pendidikan Nasional, diakses pada www.depdiknas.go.id,

(diakses pada 17 September 2012)




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v2i1.2292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Moh. Ali Andrias, Akhmad Satori



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats