HUBUNGAN PERILAKU HIGIENIS TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT DIARE DI DUSUN JAGABAYA DESA RAJADATU KECAMATAN CINEAM

Neni Neni, Iseu Siti Aisyah

Abstract


Penyakit Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian kalau tidak mendapatkan penanganan atau penanggulangan yang cepat dan tepat. Penyakit diare itu dipengaruhi oleh perilaku higienis seseorang,dalam menjaga tingkat kebersihan dirinya ,dalam hal ini peneliti ingin meneliti hubungan angka kejadian diare cuci tangan dengan kebiasan yang tidak memperhatikan cuci tangan yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perilaku higienis dengan kejadian diare di dusun Jagabaya Desa Rajdatu Kecamatan Cineam. Hasil analisis bivariat menggunakan uji chi square diperoleh nilai p = 0,000 yang berarti bahwa ada hubungan antara perilaku higienis dengan kejadian penyakitt Diare Di Dusun Jagabaya Desa Rajadatu Kecamatan Cineam. Disarankan kepada semua pihak terkait mulai dari pemeritahan setempat,kader kader kesehatan beserta masayarakat untuk lebih meningkatkan pengetahuan dibidang kesehatan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) untuk meningkatkan status derajat kesehatan masyarakat

Keywords


perilaku,higienis,diare

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. 2002. Modul Dasar Penyuluhan Kesehatan. Jakarta

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemenkes RI. 2011. Situasi Diare di Indonesia. Edisi ke-2. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI 2011.

Kemenkes RI. 2013. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2012. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI 2013.

Kemenkes RI. 2014. Profil Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI 2014.

Masita, S. 2009. Pelaksanaan Program UKS dan kebiasaan hidup bersih sehat murid kelas VI SD RA.Kartini Kota Tebing Tinggi. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan. USU.

Ruchiyat. 2007. Hubungan antara Higiene Perorangan, Frekuensi Konsumsi dan Sumber Makanan Jajan dengan Kejadian Diare. Skripsi. Program Studi Gizi Fakultas Kedokteran. UGM.




DOI: https://doi.org/10.37058/jkki.v15i2.1258

Article Metrics

Abstract view : 384 times
PDF - 2173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.