MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN PADA BAGIAN PROSES TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KEBIDANAN DI BLUD RUMAH SAKIT UMUM KOTA BANJAR TAHUN 2021

Cahyan Firmansyah, Siti Novianti, Rian Arie Gustaman

Abstract


Pendahuluan: Manajemen sistem penyelenggaraan makanan pada bagian proses dari sistem pengadaan makanan mulai dari perencanaan menu sampai penyimpanan, proses produksi atau pengolahan makanan berupa penyajian makanan dan distribusi makanan. Tujuan: Mendeskripsikan manajemen system penyelenggaraan makanan pada bagian proses terhadap kepuasan pasien rawat inap kebidanan di BLUD Rumah Sakit Umum Kota Banjar Tahun 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam (in-depth interview) dengan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian ini peneliti melakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 14 informan diantaranya pasien, perawat, ahli gizi, petugas pengolahan makanan, dan pramusaji yang terdiri dari informan kunci, utama dan pendukung. Hasil: Sistem pengadaan bahan makanan, pengolahan makanan, distribusi makanan dan kepuasan pasien ada kesesuaian dan ketidaksesuaian dengan PMK No. 78 tentang PGRS dan manajemen sistem penyelenggaraan makanan pada bagian proses. Saran: Perlu adanya monitoring dan evaluasi dalam penyajian makanan, ketepatan citarasa makanan sesuai dengan indicator penilaian dan distribusi makanan pada manajemen sistem peyelenggaraan makanan pada bagian proses.


Keywords


Penyajian makanan, Ketepatan Citarasa, Distribusi Makanan, Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan

Full Text:

PDF

References


BLUD Rumah Sakit Umum Kota Banjar. (2021). Laporan Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Tahun 2020.

Bakri, Bachyar., Ani Intiyati, dan Widartika. (2018). Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta: Kemenkes RI

Hardinsyah et al. (2017). Ilmu Gizi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Husnaini dan Rosalina Panghiyangani. (2016). Pemasaran Lembaga dan Layanan Kesehatan. Banjarbaru: Penerbit Zukzez Exspress

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Penerbit Unitomo Press

Nareswara, Angelina Swaninda. (2017). ‘Hubungan Kepuasan Pasien Dari Kualitas Makanan Rumah Sakit Dengan Sisa Makanan di RSUD Kota Semarang’. Jurnal Ilmu Gizi Indonesia, Vol. 01, No. 01, hh. 34-39

Kemenkes, RI. (2013). Pedoman Gizi Rumah Sakit. Kemenkes RI: Jakarta

Kemenkes, R. (2013). Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran; Edisi Ketiga Belas Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lironika, Arinda dan Mailia Yunda Suryadi. (2019). ‘Jadwal Distribusi dan Citarasa Makanan Berhubungan dengan Sisa Makanan Pasien di Ruang Perawatan Obgyn dan Bedah RSD. dr. Soebandi Jember’. Jurnal IAGIKMI & Universitas Airlangga, hh. 194-200

Masturoh, Imas., Nauri Anggita T. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI

Prima Progestian. 2010. Pengertian Obstetri dan Ginekologi. Diakses pada https://drprima.com/pengertian-obstetri-dan-ginekologi tanggal 26 Mei 2021.

Rachmat, Mochamad. (2020). Metodologi Penelitian Gizi dan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Rangkuti, Freddy. (2006) Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Setyawan, Febri Endra Budi., dan Stefanus Supriyanto. (2019). Manajemen Rumah Sakit. Sidoarjo: Penerbit Zifatana Jawara.

Sholeha, Silvyana et al. (2020). ‘Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. 19, No. 2, hh. 55-58

Sondakh, Jenny J.S., Marjati dan Tatarini Ika Pipit cahyani. (2013). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharyatu et al. (2019). Penuntun Diet dan Terapi Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Tanuwijaya, Laksmi Karunia., et al. (2018). ‘Sisa Makanan Pasien Rawat Inap: Analisis Kualitatif’. Indonesian Journal of Human Nutrition, Vol. 05, No. 01, hh. 51-61

Utari, Adi. (2021). Penelitian Kualitatif dalam Pelayanan Kesehatan. D.I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Wahyanta. (2017). Hubungan Kepuasan Pasien dengan Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap Bangsal Obgyn di RS Gunung Sawo Kabupaten Temanggung. Skripsi. Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. Yogyakarta; Universitas Alma Ata Yogyakarta

Wayansari, Latsmi., Irfanny Z Anwar, dan Zul Amri. (2018). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta: Kemenkes RI




DOI: https://doi.org/10.37058/jkki.v18i1.4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat