Penerapan Model PjBL dan Pendekatan CRT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Materi Statistika
Abstract
This research aims to increase students’ learning outcomes through the application of a Project-Based Learning (PjBL) model and Culturally Responsive Teaching (CRT) approaches to statistics. The method used in this research is Classroom Artion Research. The research was carried out during two learning cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. The data research was obtained through test and observation. The subjects were 31 students from grade VII of SMPN 9 Tasikmalaya for the 2023/2024 academic year. The result of this research conclude that: (1) the application of PjBL and CRT can increase students’ learning outcomes to statistics; (2) the average learning outcomes in the pre-cycle were 26,45 and increased in cycle I and cycle II respectively, by 70,02 and 84,16; (3) the increase in classical complitness from pre-cycle to cycle I reached 51,61% and in cycle II, classical complitness increased to 87,10%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan project based learning (PjBL) dan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) pada materi statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes dan observasi. Subjek berjumlah 31 peserta didik yang berasal dari kelas VII SMPN 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) penerapan model PjBL dan pendekatan CRT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi statistika; (2) rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 26,45 dan meningkat pada siklus I hingga siklus II masing-masing sebesar 70,02 dan 84,16; (3) peningkatan ketuntasan klasikal dari pra siklus ke siklus I mencapai 51,61% dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 87,10%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Elfina, J., Hala, Y., & Herawati. (2023). Implemtasi Model PjBL (Projek Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas X2 UPT SMA Negeri 10 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 596–603. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5294/pdf
Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508
Jannah, A. N., Azizah, I., & Rosyidi, A. H. (2024). Implementasi Culturally Responsive Teaching (CRT) dan Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13978
Khatimah, H., & Nurjannah. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa melalui Model Pembelajaran Example dan Non Example pada Siswa SMA. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 36. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.112
Kurniawati, R., Murniati, N. A. N., & Subekti, E. E. (2023). Problematika Indisipliner Peserta Didik Laki-Laki Kelas II SD Supriyadi Ditinjau dari Cooperative Learning. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1388
Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwati. (2023). Implementasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Lestari, D. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124
Lestari, H., & Kuryani, T. (2023a). Buku Ajar Mata Kuliah Inti Prinsip Pengajaran dan Asesmen II. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru.
Lestari, H., & Kuryani, T. (2023b). Buku Ajar Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru.
Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). “Penerapan Model PBLBernuansaEtnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa.” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 99–104.
Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, & Getan, M. A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021
Sari, D. N., Wiryanto, W., & Halimatussya’diyah, H. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Project Based Learning (PjBL) Materi Pengukuran Waktu pada Siswa Kelas I SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya. Journal on Education, 6(1), 536–549. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2966
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1910–1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690
Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5923
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Putri, D. A. H., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 103. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7600
Wulandari, S. R. (2020). Pendidikan Karakter Kerjasama Dalam Pembelajaran Matematika. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(1). https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i1.3501
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v10i2.11421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail