PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BELAJAR INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA LINE BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDN PANGLAYUNGAN

Rini Islamiati, Oman Suryaman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di lapangan tentang bagaimana proses pembelajaran berlangsung, masih terdapat sekolah sekolah yang tetap menerapkan dan menggunakan model dan metode belajar konvensional yang dimana metode ini kurang efektif digunakan dalam proses pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengunaan model belajar inqiury terbimbing berbantuan media line board terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi diagram kelas 4, metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dan sample menggunakan teknik sampling jenuh dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN Panglayungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa model inquiry terbimbing yang berbantuan media line board memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang lebih baik pada sampel. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi semua pembaca dan diharap dapat menjadi sumber yang relevan.


Full Text:

PDF

References


Ade, W., Hulukati, E., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Madrasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.13282

Adela, D., & Permana, D. (2020). Integrasi Pendidikan Lingkungan melalui Pendekatan Ecopedagogy dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2(2), 17–26. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i2.41

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Asih Ernawati. (2020). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. jurnal riset pendidikan dasar, 1. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7929/3247

Gaol Lumban, E. (2020). Peran Penerapan Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksposisi. Title No Title. 1–26. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4604

Hajar, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Pumati Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika. 30.

Heriyudanta, M. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran PAI. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i1.157

Kholil, M., & Silvi, Z. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah IbtidaiyahDa’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Journal of Primary Education, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika, 3(2), 107–114. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892

Liando, M. R., & Kadamehang, G. (2023). Analisis Model Pembelajaran Dan Penerapan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 1 Manado. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 639–645.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M.Dapid (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, U. S. A. T. (2021). ANALISIS KURIKULUM 2013. urnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, Volume 07N.

Rahmah, N. (Prodi P. M. J. T. S. P. (n.d.). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. 1–10.

Risky Sanita, I. A., Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, F. K. dan I. P., & Salatiga, U. K. S. W. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasare. Jurnal Kependidikan, Vol.6, No.(e-ISSN: 2442-7667), 567–577.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Walfath, I. (2021). Jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah fakultas tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri sultan syarif kasim riau 1442 h/2021 m.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search