Pengembangan E-module Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran di Kelas XI SMA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-module berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial e-module yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Kikim Selatan. Objek penelitian ini adalah pengembangan e-module berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian menunjukan e-module yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan skor 87. E-module dinyatakan praktis berdasarkan penilaian dari angket respon siswa dengan skor 78,47. Dinyatakan memiliki efek potensial dengan kriteria sangat tinggi berdasarkan hasil tes belajar siswa dengan persentase sebesar 85%. Maka disimpulkan bahwa E-module berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran di Kelas XI SMA layak digunakan pada pembelajaran.
Kata kunci : ADDIE, E-module, PBL, Persamaan Garis Singgung Lingkaran
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i2.3371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail