Analisis Berpikir Kreatif Wallas Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Siswa Climber
Abstract
Berpikir merupakan aktivitas manusia yang tak bisa dilepaskan. Kemampuan berpikir salah satunya berpikir kreatif yang harus dimiliki dan dikembangkan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan tahapan berpikir kreatif berdasarkan teori Wallas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif siswa climber menurut tahapan Wallas. Subjek penelitian berasal dari siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo sebanyak dua siswa. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa climber dalam proses berpikir hanya sampai pada tahapan iluminasi, tahapan verifikasi sering diabaikan.
References
Amir, Z., Risnawati, Kurniati, A. & Prahmana, R. C. I. 2017. Adversity Quotient in Mathematics Learning (Quantitative Study on Students Boarding School in Pekanbaru). International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 1(2), 169-176. Diunduh dari http://journal.uad.ac.id
Chanifah, N. 2015. Profil Pemecahan Masalah Konstektual Geometri Siswa SMP Berdasarkan Advesity Quotient (AQ). Jurnal APOTEMA, 1(2), 59-66. Diunduh dari https://sinta.ristekbrin.go.id
Fardah, D. K. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. JURNAL KREANO. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id
Kurniawan, F., Nugraheni, P., Purwaningsih, W. A. & Wibowo, T. 2019. Keterampilan Metakognitif Siswa Climber Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 163-174. Diunduh dari http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id
Mashitoh, N. L. D., Sukestiyarno, Y. L. & Wardono. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Teori Wallas Pada Materi Geometri Kelas VIII. Seminar Nasional Pascasarjana 2019. http://proceeding.unnes.ac.id
Muna, I. & Mubarok, L. 2014. Proses Berpikir Siswa Climber Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 143-150. Diunduh dari http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id
Oktaviani, M. A. , Sisworo & Hidayanto, E. 2018. Proses Berpikir Kreatif Siswa Berkemampuan Spasial Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Open-ended Berdasarkan Tahapan Wallas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 935-944. Dunduh dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp
Paramitha, N. & Yunianta, T. N. H. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10), 983-994.
Rahayu, D. P. 2019. Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Ditinjau Dari Adversity Quotient(AQ) (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya). Diunduh di http://digilib.uinsby.ac.id
Sari, A. P., Ikhsan, M. & Saminan. 2017. Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18-32. Diunduh di http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.102
Stoltz, P.G. 2000. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Gramedia Widia sarana Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. 2016. Adversity Quotient Sebagai Acuan Guru Dalam Memberikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. INOVAS, XVIII(2), 62-70. Diunduh dari https://erepository.uwks.ac.id
Wulantina, E., Kusmayadi, T. A. & Riyadi. 2015. Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika pada Siswa Kelas X MIA SMAN 6 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika,3(6),671-682. Diunduh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i2.3476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail