Komparasi Etnomatematika Pada Masjid Cheng Hoo Purbalingga, Masjid Cheng Hoo Jember, dan Masjid Cheng Hoo Surabaya

Tanaya Az Zhara, Nur Azuraini Lutfi, Agus Prasetyo Kurniawan

Abstract


Masjid Cheng Hoo di Purbalingga, Jember, dan Surabaya merupakan contoh nyata dari perpaduan keberagaman budaya dan kearifan lokal dengan warisan budaya Tionghoa. Etnomatematika sebagai kajian yang mengintegrasikan matematika dan budaya menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini. Fokusnya adalah pada aspek-aspek etnomatematika yang tercermin dalam desain arsitektur, dan pola ornamen ketiga masjid tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif. Data diperoleh melalui literatur, observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan adanya konsep etnomatematika yang unik dalam berbagai elemen masjid, seperti ornamen, pintu utama, kubah, ventilasi, dan ornamen atap. Penelitian ini menghasilkan pemahaman bahwa meskipun terdapat perbedaan dalam warna, motif, dan ornamen antara Masjid Cheng Hoo Purbalingga, Jember, dan Surabaya, namun kesamaan dalam konsep matematika dan geometri mendasar menciptakan harmoni dalam desain arsitektur mereka.

Kata kunci: Etnomatematika; Masjid Cheng Hoo; Desain Arsitektur, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Endrayadi, E. C. (2019). Pendirian Masjid Cheng Ho: Sebuah simbol identitas Cina Muslim dan komoditas wisata religius di Surabaya. Humaniora, 1(2), 171–186.

Ilmiyah, Nur. (2021). A culture-based development of mathematics learning: A case on the Muhammad Cheng Hoo Mosque Surabaya. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 4, 1-14.

Ilmiyah, N. F., Rofiqoh, I., & Sholihah, R. M. N. (2020). Analisis etnomatematika dalam seni ornamen dan rancang bangun Masjid Al-Khalid Kediri sebagai pengembangan pembelajaran matematika berbasis budaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) (pp. 332–341).

Ismail, Ilyas. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gunadarma Ilmu.

Khaqiqi, Faizal. (2022). Etnomatematika pada Bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo di Purbalingga Sebagai Sumber Belajar Geometri. (Skripsi Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifudin Zuhri, Purwokerto).

Meidianto, Rifki., Astrina, Indri. (2020). Comparison of Masing and Space Configuration on The Sang Cipta Rasa Great Mosque Cirebon and The Kauman Gedhe Mosque Yogyakarta. Jurnal RISA (Riset Arsitektur), 4, 50-65.

Pujangga, Agung. (2020). Etnomatematika pada Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. (Skripsi Universitas Jember).

Tanaja, T., & Tulistyantoro, L. (2017). Kajian ikonografi ornamen pada interior Masjid Cheng Hoo Surabaya. Jurnal Intra, 5(2), 174–181.

Titisari, Hermita. (2015). Masjid Cheng Hoo Surabaya (Seni Bangunan, Ornamen, dan Kaligrafi). Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3, 27-34.

Afriani, Dinda Wulan. 2014. “Masjid Jami PITI Laksamana Muhammad Cheng Hoo Purbalingga: Simbol Keindahan Toleransi dalam Akulturasi”. Dalam Jurnal Kebudayaan Islam Volume 12. No. 1 Januari-Juni 2014. Hlm 27-39.

Agustin, R. D., Ambarawati, M., & Kartika, E. D. (2018). Development of mathematical learning instruments based on ethnomathematics in character education learning. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 1(1), 24–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search