Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Roudhotul Afifah, Tanaya Az Zhara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil validasi instrumen penilaian autentik berbasis proyek pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pendidikan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), yang dibatasi pada beberapa tahap. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap Analisis, peneliti menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan karakteristik peserta didik sebagai acuan awal dalam bertindak. Di tahap desain, peneliti merancang sebuah kisi-kisi instrumen penelitian dengan menentukan unsur-unsurnya seperti capaian pembelajaran, elemen dan materi, serta indikator kompetensi maupun soalnya. Tahap pengembangan adalah mengembangkan produk yang sudah dirancang serta melihat sejauh mana kevalidan instrumen penilaian autentik yang sudah dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata total validitas instrumen penilaian dari ketiga validator adalah 3,303 dengan kategori “valid”. Sehingga, produk instrumen penilaian autentik berbasis proyek yang dikembangkan pada peneliti ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: penilaian, autentik, proyek, spltv


Full Text:

PDF

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699.

Adri, H. T., Yudianto, S. A., Mawardini, A., Sesrita,A. (2020). Using Animated Video Based on Scientific Approach To Improve Students Higher Order Thinking Skill. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 2(1), 9-17

Ferdiani, Rosita., Murniasih, tatik. (2017). JIP, Vol.7, No. 1, Edisi Januari 2017, 66-73.

Khabibah, Siti. (2006). Disertasi: “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar”, Surabaya: Unesa, tidak dipublikasikan.

Meuller, Jonathan. Authentic Assessment Toolkit, diakses dari http://jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/whatisit.htm, pada tanggal 6 November 2023.

Nurfidah, N., Rostati, R., & Yani, M. (2022). Penerapan penilaian autentik guru bahasa indonesia dalam pembelajaran menulis teks anekdot berbasis proyek di SMA, SMK, dan MA di kecamatan wera. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Pramana, K. A. B., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Merancang penilaian autentik. Cv. Media Educations.

RIZANTY, R. (2022). KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN TEKS GENRE FAKTUAL PADA KELAS VII SMPN DI KECAMATAN SEKONGKANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search