STUDI ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS MENGHITUNG HARI BAIK DALAM PERNIKAHAN MASYARAKAT KAMPUNG ADAT PULO
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. O., Sunardi, & Susanto. (2016). Etnomatematika pada Penanggalan Jawa Terkait Aritmetika di Desa Yosomulyo. Kadikma, 7(1), 22–23.
Ali, M. (2015). Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Perkawinan. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Barton, B. (1996). Making sense of ethnomathematics : Ethnomathematics is making sense. Educational Studies in Mathematics, 31, 201–233.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Fauziah, S. (2017). Studi Etnografi Komunikasi Ritual Adat Masyarakat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110.
Masnur, Sukirwan, & Y, I. A. V. (2021). Mengungkap Kearifan Lokal Budaya Dan Matematika Pada Aktivitas Hanacaraka Masyarakat Cidikit. Genta Mulia, 12(1), 41–53.
Nuharini, D., & Wahyuni, T. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya (Indratno (ed.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Rahma, N., Yansa, H., & Hamsir. (2016). Tinjauan Sosiokultural Makna Filosofi Tradisi Upara Adat Maccera Manurung Sebagai Aset Budaya Bangsa yang Perlu Dilestarikan ( Desa Kaluppini Kabupateng Enrekang Sulawesi Selatan). Jurnal PENA, 3(1), 428–440.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprayo, T., Nuryusri, & Noto, M. S. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon. Prosiding SNMPM, 2(1), 49–54.
Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education © Education for All, 3(1), 151–157.
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail