STUDI ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS MENGHITUNG HARI BAIK DALAM PERNIKAHAN MASYARAKAT KAMPUNG ADAT PULO

Annisa Maryani, Supratman Supratman, Depi Setialesmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas filosofi dan konsep matematika yang terdapat dalam aktivitas menghitung hari baik dalam pernikahan masyarakat kampung adat Pulo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa narasumber yakni, juru kunci, wakil juru kunci, dan sesepuh di kampung adat Pulo. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti sendiri sebagai instrumen utama, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas perhitungan hari baik pernikahan masyarakat kampung adat Pulo kaya akan filosofi diantaranya kepercayaan berkaitan dengan agama dan budaya yang melatarbelakangi tradisi pernikahan. Filosofi tersebut dapat dilihat dari tujuan perhitungan hari baik pernikahan, nilai- nilai hari, makna dari setiap simbol hari, dan makna dari dasar hasil perhitungan hari baik dalam pernikahan masyarakat kampung adat Pulo. hal yang harus diketahui dan digunakan dalam perhitungan hari baik dalam pernikahan yaitu hari lahir kedua calon pengantin. Perhitungan hari baik dalam pernikahan masyarakat kampung adat Pulo terdapat aspek aktivitas matematika yang terdiri dari menghitung (counting), menentukan lokasi (locating), dan merancang (designing). (2) Adanya hubungan atau keterkaitan antara matematika (konsep, teori atau rumus-rumus matematika) dan aktivitas perhitungan hari baik dalam pernikahan masyarakat kampung adat Pulo. Hal tersebut dibuktikan dengan terdapatnya konsep matematika yaitu aritmatika modulo 5, konsep penjumlahan, pembagian, dan segmen garis.

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. O., Sunardi, & Susanto. (2016). Etnomatematika pada Penanggalan Jawa Terkait Aritmetika di Desa Yosomulyo. Kadikma, 7(1), 22–23.

Ali, M. (2015). Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Perkawinan. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Barton, B. (1996). Making sense of ethnomathematics : Ethnomathematics is making sense. Educational Studies in Mathematics, 31, 201–233.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Fauziah, S. (2017). Studi Etnografi Komunikasi Ritual Adat Masyarakat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110.

Masnur, Sukirwan, & Y, I. A. V. (2021). Mengungkap Kearifan Lokal Budaya Dan Matematika Pada Aktivitas Hanacaraka Masyarakat Cidikit. Genta Mulia, 12(1), 41–53.

Nuharini, D., & Wahyuni, T. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya (Indratno (ed.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Rahma, N., Yansa, H., & Hamsir. (2016). Tinjauan Sosiokultural Makna Filosofi Tradisi Upara Adat Maccera Manurung Sebagai Aset Budaya Bangsa yang Perlu Dilestarikan ( Desa Kaluppini Kabupateng Enrekang Sulawesi Selatan). Jurnal PENA, 3(1), 428–440.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suprayo, T., Nuryusri, & Noto, M. S. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon. Prosiding SNMPM, 2(1), 49–54.

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education © Education for All, 3(1), 151–157.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search