Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan abstraksi siswa di kelas VII SMPN 01 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Jumarniati menunjukkan bahwasannya motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dan juga penelitian yang telah dilakukan oleh ghulam hamdu dan Lisa Agustina dengan kesimpulan yang sama pula. Dengan berdasarkan beberapa penelitian tersebut disini peneliti beranggapan bahwasannya motivasi juga akan berpengaruh terhadap kemampuan abstraksi siswa. Maka dilakukanlah penelitian dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Abstraksi Siswa di Kelas VII Smpn 01 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018â€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan abstraksi siswa di kelas VII SMPN 01 Kalidawir dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dan metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan abstraksi siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian berdasarkan pengolahan dan analisis data dengan dibantu program SPSS 16.0 diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 3,1% artinya motivasi belajar dengan kemampuan abstraksi siswa tidak memiliki pengaruh yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan abstraksi siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail