PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMK

Irmawati Hayati, Allen Marga Retta, Putri Fitriasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi Barisan dan Deret kelas X SMK yang valid, praktis, dan mengetahui efek potensial video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK N 6 Banyuasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan oleh penilaian ketiga validator dengan rata-rata 87,33%. Video juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan total skor rata-rata 84,22%; dan video dinyatakan memiliki efek potensial berdasarkan hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 82,2%.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Reza Rizki Ali. , & Komarudin. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Matematika, 209-215.

Asy’ari, H. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. 151, 10–17.

Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran,, 24-33.

Juwita, R. (2017). Media Sosial Dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Jurnal Pendidikan.

Lasabuda, E. (2018). Pengembangan Media Youtube Dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di Smk Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Pascasarajana.

Mahardika, I. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. UNDIKSHA.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi Untuk Guru, Mahasiswa Dan Umum. Pustaka Abadi.

Maryani, A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2344-2351

Mariyani, M., Fuadiah, N. F., & Retta, A. M. (2021). Antisipasi Didaktis dengan Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Elemen, 7(2), 310-323.

Mursalina, D., Marhamah, M., & Retta, A. M. (2021). Development Students Worksheet Using Ethnomathematics-based CTL Approach on SLETV Subject Material for Grade X. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(1), 118-129.

Netriwati, L. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Sari, N. F. (2019). Pembelajaran Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Roda Pintar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Peserta Didik Kelas Ii Sd Muhammadiyah 3 Gresik. Doctoral Disertation Universitas Muhammadiyah Gresik.

Sartika, G. P., & Puspitasari, N. (2013). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Model Pembelajaran guided Note Taking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 87-98.

Sholihah, D. (2018). Digital Content And Information Literacy For Social Studies Learning In Industrial Era Version 4. 0.

Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES.

Sindang, E. (2013). Manfaat Media Sosial Dalam Ranah Pendidikan Dan Pelatihan. Jakarta: Pusdiklat,KNKP.

Sugiyono. (2019). Penelitan Kuantitatif,Kualitatif, & R & D. Bandung, Alfabeta.

Suwarno, Muji. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Mathematics Education Journal, 1-7.

Widyatari, R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Komunikasi Matematika. Skripsi.

Yulianingsih, A., & Dwinata, A. (n.d.). Analisis Kesalahan Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 199–206.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search