Representasi Matematis Siswa Kelas XI Dalam Pemecahan Masalah Fungsi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Sensing-Intuition

Taksu Prajna Saraswati

Abstract


Representasi matematis adalah ide-ide atau gagasan matematika yang diwujudkan dalam bentuk model atau bentuk pengganti yang mempermudah dalam pemecahan masalah matematika. Representasi matematis tersebut dianalisis dengan memperhatikan jawaban pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa kelas XI dalam pemecahan masalah fungsi ditinjau tipe kepribadian sensing-intuition.  Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Arjasa. Subjek pada penelitian ini sebanyak 4 siswa kelas XI yaitu 2 siswa bertipe kepribadian sensing dan 2 siswa bertipe kepribadian intuition. Data dari penelitian dikumpulkan melalui metode tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis hasil tes, hasil wawancara, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan tipe kepribadian sensing mampu memenuhi semua indikator representasi matematis dalam pemecahan masalah Fungsi dengan terstruktur, namun semua itu berdasarkan apa yang telah dikenalinya dan yang telah diajarkan oleh guru. Siswa dengan tipe kepribadian intuition mampu memenuhi beberapa indikator representasi matematis dalam pemecahan masalah Fungsi dan tidak mampu menggunakan representasi verbal pada tahap menyelesaikan masalah karena siswa intuition lebih suka memecahkan masalah menggunakan caranya sendiri yang lebih singkat dan yang menurutnya paling benar, namun penyelesaian masalahnya tetap terstruktur. Siswa intuition juga mampu dalam menjelaskan berbagai representasi matematis yang telah diungkapkan dengan lancar.

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. B., & Rahmawati, D. (2017). Symbolic and Verbal Representation Process of Student in Solving Mathematics Problem Based Polya’s Stages. International Education Studies, 10(10), 20–28.

Arum, R. P. (2017). Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal of Mathematics Education. 03(01): 23- 33.

Darmastini, D. P., & Rosyidi, A. H. (2014). Multi Representasi Siswa SMP dalam menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 56–63.

Fitrianna, A. Y., Dinia, S., Mayasari., & Nurhafifah, A. Y. (2018). Mathematical Representation Ability of Senior High School Students: An Evaluation from Students’ Mathematical Disposition. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 46-56.

Hardianti, Sri R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4 (5), 1093-1104. doi: 10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104.

Huda, Ummul., Musdi, Edwin., & Nari, Nola. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ta’dib IAIN Batusangkar, 19-25.

Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa. Disertasi PPS UPI Bandung.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2002). Helping Children Learn Mathematics. In Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press. https://doi.org/10.17226/10434.

Kusumastuti, A. N., Budiyono., & Indriati, D. (2021). Students’ Mathematical External Connection Ability Based on Personality Types of Sensing Intuition. Journal of Physics: Conference Series. 1808 (2021) 012051. doi: 10.1088/1742-6596/1808/1/012051.

Mulyawati, Kowiyah., & Umam, Khaerul. (2019). Conceptual Understanding and Mathematical Representation Analysis of Realistic Mathematics Education Based on Personality Types. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 201 – 210.

Rahmawati, D. & Sutarto, H. (2014). Implementasi Group Investigation dengan Scientific Approach Berbasis Portofolio Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education. 3 (3) 220-230.

Rohim, M. F., & Sari, A. F. (2019). Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting. Jurnal Elemen, 5(1), 80. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1047.

Sipahelut, B., & Palobo, M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6 (1), 23-33. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1111.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search