ITGbM PADA PEDAGANG BUNGA HIAS YANG MENGHADAPI MASALAH PENERAPAN TEKNOLOGI AKUAPONIK

Yaya Sunarya, Nurul Hiron

Abstract


UKM Nusa Indah dan UKM Nusa Indah Florist merupakan salah satu usaha warga Kota Tasikmalaya di daerah Pancasila, bergerak di bidang penjualan bunga hias yang telah berdiri sejak tahun 1990 dan turun menurun yang akhirnya menjadi usaha keluarga. Pertumbuhan usaha tanaman hias saat ini mengalami perubahan, dimana konsumen banyak berminat pada tenaman hias dengan teknik akuaphonik, sayangnya mitra saat ini belum memahami bagaimana budidaya tanaman dengan teknik akuaponik. Maka diperlukan adanya transfer teknologi dari perguruan tinggi bagi masyarakat, khususnys UKM penjual tanaman hias. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan bagi pedagang tanaman hias tentang teknologi budidaya tanaman hias menggunakan teknik akuaponik. Kesimpulan dari kegiatan ITGBM ini adalah Pelaksanaan ITGBM pada mitra pengrajin bunga hias berjalan sesuai rencana, materi dan produk telah diberikan dengan tanggapan yang positif dari mitra, pembuatan produk teknik pembuatan media tanam dengan sistem akuaponik dapat diterima oleh mitra dengan baik, mitra menjadi paham untuk membuat sendiri produk-produk media tanam dengan sistem akuaponik. Produk yang telah diserahkah kepada mitra medapat perhatian dari pembeli dan berkeinginan membeli.

 Kata Kunci: ITGBM, Pengabdian, Akuaponik, UKM, Tanaman hias.


Full Text:

PDF 100-105

References


Nugroho. A. Ristiawan, Pambudi. T. Lilik, Chilmawati Diana dan Haditomo. H.C. Alfabetian. 2012. Aplikasi Teknologi Aquaponic Pada Budidaya Ikan Air Tawar Untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi. Jurnal Saintek Perikanan Vol. 8. No. 1, 2012.

Puerta. R. Alejandro. Sato Suguru, Shinohara. Yutaka and Maruo. Toru. 2007.

A Modified Nutrient Film Technique System Offers a More Uniform Nutrient Supply to Plants. HortTechnology. Vol. 17 no. 2 227-233. Tersedia di http://horttech.ashspublications.org/content / 17/2/227.full.pdf+html.

Rokhma. A. Nofi, Ammatillah. S. Chery, dan Sastro. Yudi. 2014.

Vertiminaponik, Mini Akuaponik Untuk Lahan Sempit Di Perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan Volume 4 Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.