PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA PETANI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 MELALUI PENINGKATAN PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS USAHA BUDIDAYA IKAN NILA

Rina Nuryati, faqihuddin faqihuddin, Cici Aulia Permata Bunda

Abstract


Usaha budidaya ikan nila yang dilaksanakan sebagai usaha sampingan dalam usahatani tanaman-ternak terintegrasi memiliki tingkat produksi dan produktivitas yang rendah. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam pengelolaan usaha budidaya ikan nila agar produksi dan produktivitasnya meningkat sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan pendapatan keluarga petani di tengah pandemi Covid-19.  Metode pelaksanaan PPM meliputi kegiatan penyuluhan dan pelatihan, bimbingan dan pengarahan, serta monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan dari bulan Juli sampai Oktober 2020. Hasil observasi oleh pelaksana PPM menunjukkan bahwa petani sasaran sangat antusias mengikuti kegiatan PPM ini karena telah merasakan manfaat dari aplikasi Teknologi M-Bio dalam budidaya ikan nila. Manfaat tersebut diperoleh karena peran Teknologi M-Bio sebagai pupuk hayati yang disemprotkan langsung pada dasar kolam dan diaplikasikan pada pembuatan pupuk organik yang ditaburkan pada dasar kolam mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan plankton. Plankton ini menjadi sumber bahan pakan alami bagi ikan nila. Teknologi M-Bio juga berperan sebagai enzim yang ditambahkan pada pakan ikan sehingga mampu meningkatkan nilai nutrisi (nutrient value) pakan. Dengan demikian, pakan yang diberikan menjadi lebih optimal dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan ikan nila sehingga produksi dan produktivitasnya meningkat. Peningkatan produksi dan produktivitas ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan dan pendapatan petani di tengah pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Burgui, D. 2020. “Coronavirus: How action against hunger is responding to the pandemic.” https://www.actionagainsthunger.org/story/coronavirus-how-action-against-hunger-respondingpandemic. Diakses pada 2 Mei 2020.

Cholik F, Artati dan Arifuddin R (1991) Pengelolaan Kualitas Air Kolam Ikan. Direktorat Jenderal Perikanan.

Nachrowi. 2016. Menghemat Biaya Pakan dengan Teknologi Enzim. Kementrian Pertanian Direktorat jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Tanggal posting 13 Juni 2016. Publikasi : Admin. Hits : 9233,

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, 2020. https://hargapangan.id/tabel-harga/pasar-tradisional/daerah. Diakses pada 2 Mei 2020.

Rosales, G., and Mercado, W. 2020. Effect of changes in food price on the quinoa consumption and rural food security in Peru. Scientia Agropecuaria 11(1): 83-93.

Turasih dan Wibowo. S.A. 2012.Sistem Nafkah Rumah Tangga Petani Kentang di Dataran Tinggi Dieng. Kasus Desa Karangtengah, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Propinsi Jawa Tengah. Sodality; Jurnal Sosiologi Perdesaan, 196.

Samingan T (1993) Fundamental of Ecology. In Odum P.E. (1959) (Transl.). Dasar-dasar Ekologi. Edisi Ketiga Gajahmada. Yogyakarta

Siche, Raul. 2020. What is the impact of COVID-19 disease on agriculture?. Scientia Agropecuaria 11(1): 3 – 6 (2020). Ciudad Universitaria: Trujillo, Peru.

Tempo.co, “Kementan Terus Pantau Keersediaan dan Distribusi Pangan Daerah.” 1 Mei 2020. https://nasional.tempo.co/read/1337499/kementan-terus-pantau-ketersediaan-dan-distribusi-pangan-di-daerah/full&view=ok. Diakses pada 2 Mei 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.