UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA MELALUI PENGEMBANGAN USAHA PADA KELOMPOK PETANI JAMUR DI DESA TAWANGBANTENG KEC. SUKARATU KAB. TASIKMALAYA

Welly Nores Kartadireja, Ai Siti Nurjamilah, Ati Sadiah, Fikri Hakim

Abstract


Pendapatan rumah tangga adalah seluruh penghasilan atau penerimaan berupa uang atau barang dari semua anggota rumah tangga yang diperoleh, baik yang berupa upah/gaji, pendapatan dari usaha rumah tangga, pendapatan lainnya, dan pendapatan yang berasal dari pemberian pihak lain. Dengan kata lain, pendapatan rumah tangga merupakan balas jasa faktor produksi tenaga kerja, balas jasa kapital, maupun pendapatan yang berasal dari pemberian pihak lain. Sumber pendapatan rumah tangga salah satunya yaitu pendapatan sektor pertanian. Sumber pendapatan dari sektor pertanian terdiri atas pendapatan dari usaha tani, ternak, buruh petani, menyewakan lahan, dan bagi hasil. Salah satu cara meningkatkan pendapatan rumah tangga adalah dengan pengembangan usaha kelompok tani jamur. Di desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu Kabupaten tasikmalaya terdapat kelompok tani jamur yang memerlukan bantuan morel dan materiel terutama di masa pandemik ini. Upaya tindakan pemberian yang dilakukan adalah memberikan pengetahuan serta bantuan yang bisa memberikan solusi bagi para petani tersebut yaitu dengan dilaksanakannya PbM-KP (Pengabdian bagi Masyarakat Ketahanan Pangan). Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kelompok petani jamur dalam mengolah hasil panen menjadi olahan jamur yang bervariatif dan membuat pekejing yang menarik serta mengetahui cara memasarkan hasil olahan jamur pada masa pandemik ini. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan PbM-KP ini adalah bimbingan bertahap dan pemberian bantuan materiel yang dianggap diperlukan dalam mengembangkan usaha kelompok tani jamur tersebut.

Full Text:

PDF

References


Ertik, Yulida. (2020). Bakso Jamur Tiram. (online). Tersedia: https://cookpad.com/id/resep/13641616-bakso-jamur-tiram?via=search&search_term=bakso%20jamur%20tiram. [10 Oktober 2020].

Handika, Made Resta. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/601. Diunduh pada 25 Oktober 2020 pukul 13.00. 2.

Nonny. (2017). Jamur Crispy (Kriuk gak Lembek). (online). Tersedia: https://cookpad.com/id/resep/3394927-jamur-crispy-kriuk-gak-lembek?via=profile. [10 Okteober 2020].

Sleekr. (2018). Mengenal Lebih Jauh tentang Manajemen dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Unsur. https://sleekr.co/blog/mengenal-manajemen-definisi-fungsi-dan-unsur/. Diunduh pada 29 Oktober 2020 pukul 11.00.

Windirah, Nola. (2014). Ragam Pendapatan Rumah Tangga Dan Faktor Yang Mempengaruhi: Studi Kasus Di Desa-Desa Sekitar Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (Tnks) Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/agrisep/article/view/577. Diunduh pada 26 Oktober 2020 pukul 19.00. 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.