IPTEKS TEPAT GUNA BAGI MASYARAKAT (ITGbM) WORKSHOP MEDIA SCREENCAST-O-MATIC GURU MGMP MATEMATIKA SMP SE-KOTA TASIKMALAYA

Dian Kurniawan, Sinta Verawati Dewi, Elis Nurhayati

Abstract


Kemajuan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kalangan perguruan tinggi untuk dapat serta menciptakan dan meningkatkan penguasaan teknologi pada masyarakat terutama teknologi tepat guna. Upaya peningkatan mutu pendidikan sangat tergantung kepada guru dan pembelajarannya. Kehadiran media pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru dalam penyampaian materi pelajaran. Salah satu produk yang dapat dirancang untuk mengembangkan pembelajaran matematika adalah media screencast-o-matic. Screencast-o-matic merupakan software yang dapat merekam semua media pembelajaran e-learning menjadi sebuah video tutorial. Screencast-o-matic adalah salah satu media yang inovatif yang dikembangkan salah satu satunya untuk memperbaiki pembelajaran matematika di sekolah menengah. Tujuan pelaksanaan program ItGbM ini adalah : (a) meningkatkan kinerja guru dalam memilih media pembelajaran, (b) mengenalkan media Screencast-o-matic sebagai media yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, (c) mengenalkan media pembelajaran lain yang inovatif yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika, (d) melatih pembuatan media Screencast-o-matic agar mampu menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Metode pelaksanaan kegiatan ini mengacu kepada metode penyuluhan dan pelatihan yang terdiri dari tahap persiapan dan pelaksanaan. Metode yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan target luaran untuk menghasilkan produk berupa buku media pembelajaran matematika dengan menggunakan screencast-o-matic dilengkapi dengan petunjuk penggunaannya, serta menghasilkan publikasi ilmiah yang dapat diterbitkan pada jurnal nasional terakredtiasi.

Full Text:

PDF 224-231

References


Dwiyogo, W. D. (2013). Pembelajaran Berbasis Blanded Learning. [online]. Tersedia: http://id.wikibooks.org/wiki/Pembelajaran-Berbasis-Blanded-Learning. [01 Januari 2017].

Hidayat, Edi, Kurniawan, D dan Mulyani, E. IbM Workshop Pengembangan Penilaian Kemampuan Matematis Guru Matematika Melalui Didactical Design Research (DDR). Jurnal Siliwangi Seri Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 2 No. 1 Mei 2016. ISSN 2477-6629.

http://www.screencast-o-matic.com

http://wikipedia, 2015. Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Kurniawan, D., dan Dewi, S. V. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan. Vol. 3. No.1, 2017. ISSN 2476-9312.

Sadiman, A.S dkk. 2009. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.