Peningkatan Peran Aktif Kelompok Wanita Tani (KWT) Melalui Optimalisasi Lahan Pekarangan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Pada Era New Normal di Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi

Deni Setiawan, Selly Purnama, Yuni Ertinawati, Shinta Rosiana

Abstract


Potensi sumber daya pertanian merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Tasikmalaya khususnya Kecamatan Sariwangi. Kecamatan Sariwangi memiliki hasil yang cukup baik dari sektor pertanian. Hasil dari sektor pertaniannya yaitu beras dan sayuran. Hal ini didukung dengan ketersedian lahan sawah dan pekarangan yang cukup luas. Namun pada pemanfaat lebih banyak yang memilih menggarap lahan sawah dan kebun, sehingga oenggarapan lahan pekarangan kuran optimal. Pengelolaan lahan pekarangan dengan memanfaat peran perempuan bisa menjadi solusi dalam pengoptimalan lahan pekarangan guna meningkatkan hasil pangan.

Tujuan pelaksanaan kegiatan “Peningkatan Peran Aktif Kelompok Wanita Tani (KWT) Melalui Optimalisasi Lahan Pekarangan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Pada Era New Normal di Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi†adalah : 1) Mengidentifikasi potensi lahan pekarang yang bisa dioptimalkan guna meningkatkan ketahanan pangan di situasi Era New Normal, 2) Meningkatkan peran aktif perempuan khususnya anggota kelompok wanita tani dalam optimalisasi lahan pekarangan jauh kedepannya hasilnya bisa menjadi lahan usaha dan menambah pendapatan rumah tangga.

Pelaksanaan Pengabdian bagi Masyarakat Skema Ketahanan Pangan ini dilaksanakan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Lestari Kampung Cikeupeul, Desa Jayaratu Kecamatan Sariwangi. Metode pelaksanaan kegiatan PbM-KP ini adalah : 1) Melakukan wawancara kepada Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Lestari, 2) Memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang optimalisasi lahan pekarangan, 3) Pelaksanaan kegiatan optimalisasi lahan pekarangan, 4) Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan optimalisasi lahan pekarangan.

 

Kata Kunci : Era New Normal, Kelompok Wanita Tani (KWT), dan Ketahanan Pangan


Full Text:

PDF

Refbacks