ITGbM PELATIHAN DAN PENERAPAN FINGER PRINT TIME ATTENDANCE UNTUK PENCATATAN DATA KEHADIRAN PERANGKAT DESA

Rianto Rianto, Rohmat Gunawan

Abstract


Proses pencatatan data kehadiran perangkat desa perlu dikelola dengan baik, karena mempengaruhi kinerja pelayanan kepada masyarakat. Pencatatan data kehadiran secara konvensional, biasanya dilakukan saat jam masuk kerja dengan membubuhkan tanda tangan pada sebuah buku atau form daftar hadir. Proses pencatatan seperti ini sangat sederhana dan mudah diimplementasikan, tetapi memiliki kekurangan, diantaranya mudah dimanipulasi dengan cara menitipkan tanda tangan kepada orang lain. Beberapa metode untuk menyelesaikan masalah pada pencatatan data kehadiran konvensional, diantaranya dengan menggunakan alat bantu perangkat elektronik berupa : time recording machine, id card with barcode system, magnetic card dan RFID card. Walaupun sudah menggunakan alat bantu elektronik, tetapi masih terdapat kurangan, karena kartu identitas dapat dititipkan kepada orang lain. Dalam kegiatan pengabdian ini diusulkan untuk menerapkan sistem pencatatan kehadiran menggunakan alat bantu pencatat kehadiran berbasis sidik jari (finger print time attendance). Hasil dari kegiatan PPM ini, telah diterapkannya sistem pencatatan data kehadiran berbasis sidik jari di lokasi mitra pengabdian. Pola sidik jari menjadi alat untuk validasi kehadiran setiap perangkat desa. Laporan data kehadiran secara otomatis diproses oleh sistem, dan dapat ditampilkan atau dicetak ketika dibutuhkan.

Full Text:

PDF 253-258

References


Aris, Mubarak, I., Yuliardi, W., Ramadhan, A., & Permana, A. (2015). DESAIN APLIKASI SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN DENGAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) PADA PT. SKYPUTRA PANCASURYA. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Burjulius, R., & Rembulan, F. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI MAHASISWA UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG. JURNAL LPKIA, Vol.1 No.1.

Cahyana, A. (2008). Implementasi Teknologi Biometric untuk Sistem Absensi Perkantoran. Diambil kembali dari informatika.lipi.go.id: http://www.informatika.lipi.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=216:implementasi-teknologi-biometric-untuk-sistem-absensi-perkantoran&catid=29:publikasi

Fadlil, A., Firdausy, K., & Hermawan, F. (2008). Pengembangan Sistem Basis Data Presensi Perkuliahan Dengan Kartu Mahasiswa Ber-Barcode. Telkomnika, Vol. 6 No.1, 65-72.

Fingerspot.(2017). http://fingerspot.com/id/news/mesin-absensi-manual-vs-mesin-absensi-canggih. Diambil kembali dari fingerspot.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.