ITGbM MANAJEMEN ENERGI PADA INDUSTRI KELOM GEULIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS INDUSTRI KECIL

Asep Andang, Abdul Chobir, Nurul Hiron

Abstract


Kegiatan pengabdian ini merupakan kelanjutan dai kegiatan pengabdian yang diusulkan pada hibah internal dari Lp2MPM Universita Siliwangi tahun 2016. Tema pengabdian yang diusulkan adalah Manajemen Energi Pada Industri Kelom Geulis Untuk Meningkatkan Produktifitas Industri Kecil. Tujuan: kegiatan ipteks bagi masyarakat ini adalah pelatihan pengolaahan manajemen energi untuk industri kecil dalam rangka peningkatan efesiensi penggunaan energi listrik dan penngkatan produktifitas produksi pada industri kecil. Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah SALWA dan REGGA yaitu industri kecil yang bergerak dibidang pembuatan klom geulis khas Tasikmalaya. Target khusus meningkatkan kemampuan dalam pengolahaan energi listrik di industri kecil. Metode: pelaksanaan adalah pemberian pelatihan mengolahan energi listrik, pengukuran kualitas energi listrik yang terpasang, pembuatan rekomendasi untuk mitra sebagai panduan dalam penggunaan energi listrik yang baik dan benar. Rencana kegiatan yang diusulkan adalah observasi lapangan untuk mengetahui karakter beban listrik, pelatihan pegawai SALWA dan REGGA, pembuatan laporan dan jurnal kegiatan. Luaran dari kegiatan ini adalah alat kompensator daya reaktif, meningkatkan pengetahuan pegawai UMKM mengenai penggunaan energi listrik yang baik dan benar, jurnal pengabdian. Lama kegiatan adalah 6 bulan pelaksanaan

Full Text:

PDF 1-7

References


Imaduddin. 2015 Iim. Sistem Ekonomi Pengrajin Kelom Geulis di Gobras. PATANJALA Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya. Vol. 7, No. 3, September 2015. ISBN/ISSN 2085-9937.

Kompas.com. 2014. diakses tanggal 03 maret 2016. Jam: 09:00 WIB. Tersedia di: http://travel.kompas.com/read/2014/07/01/1041008/Kelom.Geulis.Percantik.Dunia.

Nuraeni. Andini. 2015. Peran Pengusaha Sandal Kelom Geulis Dalam Memotivasi Berwirausaha Mantan Karyawan Di Desa Setiawargi Kota Tasikmalaya. Universitas negeri semarang.

Rudiyanto. Ganal. 2014 Papan Nama Sebagai media komunikasi visual pemasaran kelom geulis di Tasikmalaya. Jurnal Dimensi seni rupa dan desain. Vol. 11. –No 2.

Sevtian, Farhanil Ibad. 2011. Pengaruh E-Commerce Terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV. Kelomgeulis Tasikmalaya. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skrip


Refbacks

  • There are currently no refbacks.