PELATIHAN APLIKASI E-COMMERCE KEPADA PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA SAMARINDA DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG

Novianti Puspitasari, Anindita Septiarini, M. Rizky Nilzamyahya, Fayza Virdana Addiza, Fathia Nuq Qamarina, Indah Wulan Lestari, Patricia Chandra, Sugandi Sugandi

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang berperan penting bagi sektor perekonomian Indonesia. Selama masa pandemi UMKM terbukti memiliki daya tahan yang tangguh dalam mengatasi permasalahan krisis ekonomi. Namun, pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya memiliki kendala terkait pemasaran yang mempengaruhi kinerja usaha. Kurangnya pengetahuan teknologi terkait inovasi dan pemasaran produk juga dialami oleh pelaku UMKM di Kecamatan Sungai Kunjang. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini menggunakan strategi digital marketing berupa metode pendampingan usaha berkelanjutan berbasis teknologi yang merupakan program kemitraan masyarakat antara perguruan tinggi dengan pelaku UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan keterampilan tentang tata cara foto produk UMKM yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM. Selain itu, kegiatan ini memberikan edukasi berupa pengenalan e-commerce sebagai media pemasaran produk UMKM dan juga pelatihan foto produk pelaku UMKM di kawasan Kelurahan Samarinda Ilir. Program ini tidak hanya menawarkan pemecahan masalah (problem solving) mengenai pelaku usaha yang kurang memahami cara meningkatkan kinerja usahanya, tetapi juga mentransfer pengetahuan tentang digital marketing dan teknologi berbasis mobile. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan tentang penggunaan aplikasi e-commerce untuk mengelola usaha, memasarkan dan mempromosikan produk. Kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan perekonomian dan keterampilan baik soft-skill maupun hard-skill serta ketahanan dan keberlanjutan usaha bagi pelaku usaha.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Alimah, N. M. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi. Journal of Government and Politics, 3(1), 47–65.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Febriantoro, W. (2018). Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajerial, 3(5), 184–207.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61–76.

Hartomi, Z. H., Muhaimin, A., & Yulisman. (2022). Pelatihan Penjualan Kerajinan Batik Tulis SLB Negeri Pembina Pekanbaru Berbasis Website. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3357–3370.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Journal of Character Education Society, 3(3), 651–659.

Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430

Sugianto, N., & Utama, F. P. (2021). E-Commerce untuk Optimalisasi Pemasaran Produk di Era Digital Bagi Usaha Mikro Kelompok Tani Pangestu Rakyat Desa Barumanis Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 27(1), 14–20.

Supardi, S., Widajatun, V. W., Nugraha, N. M., Susanti, N., Sumantri, M. B. A., & Mukhlis, T. I. (2021). Peluang dan Perubahan Cara Berpikir Saat Pandemik (Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 162. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8841

Wahyuni, N. D., Supatminingsih, T., Hasan, M., Dinar, M., & Ahmad, M. I. S. (2021). Penjualan Produk Kerajinan Tangan Home Industri R-Craft Berbasis E-Marketing. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 2(1), 28–36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.