PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT BELAJAR MELALUI TAMAN BACA DESA

Muhammad Fikriamsyar

Abstract


Abstrak

Membaca buku adalah jembatan untuk menambah wawasan menjadi lebih luas, pengetahuan menjadi bertambah dan kritis terhadap apa yang ada disekitarnya. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, informasi masuk silih berganti maka masyarakat akan mendapatkan berbagai macam informasi yang tidak terbendung, sehingga dengan membaca buku, maka masyarakat dapat membedakan antara informasi yang benar ataupun salah. Karena itu dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) dalam bentuk pengabdian pada masyarakat (PPM) ini, akan dilakukan pemberdayaan secara generik, yaitu dimulai dengan fokus ke pemuda desa untuk menjadi pemuda produktif dan mempunyai ide cemerlang sehingga bisa memunculkan inovasi yang berguna dalam mendukung pelaksanaan program pendirian Taman Baca. Berdasarkan rasional ini maka tujuan umum dari KKN ini adalah membentuk struktur kepengurusan taman baca untuk mengelola dan membuat program-program perpustakaan Desa dan memelihara serta meningkattkan efisiensi dan efektifitas proses program. Tujuan khususnya adalah membantu masyarakat dalam segala umur terkhusus anak-anak dan pemuda dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melelui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka: a. Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan; b. Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik; c. Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik; d. Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia; e. Dapat meningkatkan tarap kehidupan seharihari dan lapangan pekerjaannya; f. Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa; g. Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial.


Full Text:

PDF

References


Jurnal “Pembinaan Minat Baca MasyarakatMelalui Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat Desa Kemasan Klepu, Semarang, Jawa Tengah†oleh Muhammad Azmi Ali Sani1, Sri Ati Suwanto2. (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/an uva)

Jurnal Research and Development Journal Of Education Vol. 1 No. Pada Taman Bacaan Masyarakat Manca Pekayon Bekasi Selatan†oleh Sigit Widiyarto. Jurnal “Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar†oleh Bintang Petrus Sitepu.

Jurnal Vol.5/No.1, Juni 2017, hlm. 1-12 “Peran Taman Baca Anak-Anak pada Usia Disi†oleh Encang Saepudin1, Sukaesih2, Agus Rusmana3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.