BIMBINGAN TEKNIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK PADA PELAKU UMKM (PERUSAHAAN MEUBEL) DI DESA CIKADONGDONG KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Iwan Hermansyah, Rani Rahman, Maman Suherman

Abstract


Tujuan dan target Khusus  kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema Ipteks bagi Bina Masyarakat (IbBM) ini diperuntukkan kepada  pelaku UMKM, khususnya Pengusaha Meubeller di Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Singaparna. Kegiatan IbBM  ini adalah meningkatkan Pengetahuan dan Pemahaman  menjalankan usahanya. Permasahan yang diangkat adalah memberikan  pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh pelaku usaha  dalam mengelola keuangan, terutama dalam masalah perhitungan harga pokok produk yang dihasilkannya, menyangkut kelompok dan jenis biaya produksi menjadi masalah yang cukup urgen karena mereka kurangnya pengetahuan mengenai pencatatan dan perhitungan harga pokok produk  dan pengelolaan keuangan (akuntansi), buruknya metode pencatatan transaksi yang dilakukan serta penentuan harga pokok produk  sering  dilakukan secara  sederhana dan intiutif, tanpa menghitung  biaya yang telah dikeluarkan secara cermat. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dalam jangka waktu 8 bulan mulai dari penandatanganan MoU sampai pelaporan. Metode penyelesaian masalah pengabdian  pada masyarakat adalah dengan Bimbingan Teknis dan Pendidikan Pelatihan keuangan mengenai perhitungan harga pokok produk   yang diikuti oleh pelaku usaha UMKM   yang terdiri  dari 2 kelompok   UMKM  dan dua kelompok pengusaha Meubel di Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Output pelaksanaan kegiatan IbBM ini adalah buku panduan dan jurnal Pengabdian.

Kata kunci : Bimbingan Teknis: Perhitungan harga pokok produk dan  Pengelolaan keuangan, UMKM


Full Text:

PDF

References


Bustami, Bastian. 2006. Akuntansi Biaya Teori dan Aplikasi, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Carter, William K. 2009. Akuntansi Biaya.Jakarta: Salemba Empat.

Gayler, Rayburn L. 1996. Akuntansi Biaya dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen Biaya. Jakarta: Erlangga.

Harnanto. 1992. Akuntansi Biaya dan Untuk Perhitungan Harga Pokok Produk . Penerbit dan Percetakan BPFE: Yogyakarta.

Hidayah, Irmayenti dkk. Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Harga Pokok Proses.Padang: UPI.

Ilham. 2013. Penentuan Harga Pokok Produksi Percetakan Sablon“Otakkanan Production†di Yogyakarta.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya, Edisi 5, Cetakan ke-7. Unit Penerbit dan Percetakan YKPN: Yogyakarta.

Supriyono. 2000. Akuntansi Biaya, Buku Satu. Yogyakarta: BPFE.

Winatriyana. 2009. Permasalahan yang Dihadapi UKM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.