Potensi Sumber Daya Mineral di Provinsi Sulawesi Tengah

An Nisaa Afifah, Fatiya Sabila, Fini Seftiani, Pratiwi Digda Wijaya, Muhamad Nurjayadi, Muzani Muzani

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang potensi persebaran sumber daya mineral dan tambah yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Sumber daya alam masing – masing wilayah sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek baik aspek geografi secara keruangan, lingkungan maupun wilayah namun, juga faktor sosial budaya di wilayah tersebut. Kejadian geologis yang terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah membuat kondisi batuan dan mineralnya menjadi sebuah potensi baik dari bahan galian umum maupun bahan galian yang langka, baik di darat maupun di laut kondisi mineralnya melimpah. Potensi bahan galian mineral tersebut sebagian besar sudah diolah, sebagian sedang dalam tahap penyelidikan dan pencarian sebagian lagi belum terekspos secara detail. Untuk mencari potensi sumber daya alam diperlukan sebuah kajian atau penelitian terhadap investarisasi potensi untuk jenis sumber daya alam yang ada dan struktur kemanfaatannya. Dari hasil kajian ini diharapkan dapat membantu landasan untuk pengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.


Full Text:

PDF (23-29)

References


Anonim. 2014. Tambang di Morowali. https://www.mongabay.co.id/tag/tambang-di-morowali/ (diakses tanggal 4 Mei 2020)

Anonim. 2017. Sulteng punya 10 Potensi Mineral Logam. https://sulteng.antaranews.com/berita/35897/sulteng-punya-10-potensi- mineral-logam (diakses tanggal 4 Mei 2020)

Anonim. 2019. Inilah Potensi Ekspor Sulawesi Tengah. https://misterexportir.com/potensi-ekspor-provinsi-sulawesi-tengah/ (diakses tanggal 4 Mei 2020)

Rahman, Fadhilah. Dkk. 2016. Aplikasi Dan Pemanfaatan Aplikasi Gis Berbasis Web Untuk Optimalisasi Potensi Kawasan Pertambangan Mineral Non Logam Dan Batuan Di Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Jakarta. e-Proceeding of Applied Science : Vol.2 (1) April 2016 halaman 145 – 155.

Santoso, Budi. Dkk. 2016. Pendugaan Mineral Kromit dengan Metode Electricalresistivity Tomography di Daerah Wosu-Morowali Sulawesi Tengah. Bandung: Departemen Geofisika, FMIPA, Universitas Padjadjaran.

Sompotan, F. Armstrong. 2012. Struktur Geologi Sulawesi. Bandung: Perpustakaan Sains Kebumian Institut Teknologi Bandung.

Sulawesi Tengah dalam Angka 2018. 2018. Badan Pusat Statistika Provinsi Sulawesi Tengah. Hal 324 – 326

Sulawesi Tengah dalam Angka 2019. 2019. Badan Pusat Statistika Provinsi Sulawesi Tengah. Hal 391 - 407

Wijaya, Adya. 2019. Identifikasi Potensi Mineral Di Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli Menggunakan Metode Resistivitas Dan Induced Polarization. Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v6i1.1882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.