PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI JUAL BELI MAKANAN HEWAN PADA PETSHOP DENGAN METODE PROTOTYPING

Ali Astra Mikail, Sindy Merdiriyani, Silpani Yuliasari

Abstract


Petshop merupakan tempat jual beli yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan hewan peliharaan. Tidak sedikit menawarkan berbagai macam layanan kebutuhan hewan peliharaan seperti: pet grooming, pet clinic, dan pet hotel. Agar suatu petshop dapat memberikan layanan bagi konsumennya, maka keberadaan aplikasi berbasis mobile merupakan salah satu solusi. Melalui penggunaan platform digital diharapkan layanan jasa petshop menjadi lebih luas dan lebih menarik minat masyarakat luas.  Aplikasi petshop berbasis mobile dengan fitur-fitur sesuai dengan kebutuhan tentunya harus dirancang dengan baik. Perancangan user interface yang tepat merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam tahap pengembangan aplikasi. Tujuan dari penelitian ini melakukan perancangan user interface aplikasi petshop menggunakan metode prototype dengan tiga komponen utama: user persona, low fidelity, dan high fidelity. Setelah dilakukan penelitian ini, berhasil dibuat: user persona, 16 rancangan antarmuka low fidelity, 20 rancangan antarmuka high fidelity.

Full Text:

(PDF 22-27)

References


R. M. Wijayanti, “Solo Pet Centre Sebagai Sarana Edukasi Dan Rekreasi Keluarga”, Ekp, 2015.

E. Tanuwijaya, ”Rancang Bangun Aplikasi Penitipan Hewan Peliharaan Berbasis Android”, Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, vol.4, no.3, 2018.

A. Taufik, “Perancangan sistem informasi penjualan makanan kucing dan anjing berbasis web,” Jurnal manajemen informatika, vol. 6, no. 2, pp. 61–62, 2019.

P. D. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari”, pp. 34–39, 2017.

A.Nugraha, & A.Octavia, “Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E-Commerce”, Sniptek, pp. 294–297,2016doi: 10.1016/j.carbon.2006.06.004.

A. Tarute, S. Nikou, and R. Gatautis, “Mobile application driven consumer engagement,” Telemat Informatics, vol. 34, no. 4, pp. 145-156, 2017.

Yeskasafitri, Annisa dkk. “Perancangan Model User Interface untuk Website E-Commerce Liliput Edu Toys dengan Metode Paper Prototyping”. E Proceeding of Engineering Vol.02 No.01 April 2015 [Online]. Available : https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/epublication/id/31.html

S. G. A’yuni and and D. Chusumastuti, “Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee terhadap Minat Beli Masyarakat,” Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, Jun. 2021.

S. T. Acuña, J. W. Castro, and N. Juristo, “A HCI technique for improving requirements elicitation,” in Information and Software Technology, 2012, doi: 10.1016/j.infsof.2012.07.011.

N. Gede, R. S. Diatmika, I. Made, A. D. Suarjaya, and K. S. Wibawa, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Pemesanan Menu Restoran,” 2022.




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v10i1.6279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.